alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Deretan 7 Tanaman Hias Gantung yang Mudah Dirawat

Dinar Surya Oktarini Selasa, 21 September 2021 | 07:45 WIB

Deretan 7 Tanaman Hias Gantung yang Mudah Dirawat
Tanaman Gantung Bunga Kaktus Anggur

Deretan tanaman hias gantung ini mudah banget lho perawatannya.

SuaraBali.id - Selain di media tanah dan air, ada pula tanaman hias gantung yang cara merawatnya juga cukup mudah kok. 

Tanaman hias ini ditanam pada pot kecil kemudian digantung dengan menggunakan tali. Bagi Anda yang ingin dekorasi rumah, tanaman hias gantung ini dapat menjadi alternatifnya. Selain tidak memakan tempat yang luas dan besar, perawatan tanaman hias gantung juga cenderung mudah.

Tidak hanya memberikan nuansa asri dan estetika, tanaman hias gantung juga memberikan banyak manfaat. Seperti membuat ruangan menjadi lebih segar, mengurangi stress pemilik rumah. Bahkan, beberapa jenis tanaman hias gantung bermanfaat untuk menyerap zat berbahaya di udara. Berikut beberapa jenis tanaman hias gantung versi Suara.com.

Jenis Tanaman Hias Gantung

Baca Juga: Kunci Rumah Ditaruh di Pot, Cowok Ini Kebingungan Karena Ada Puluhan Tanaman Hias

Jika Anda mulai tertarik untuk menanam tanaman hias gantung di rumah, berikut beberapa aneka tanaman yang dapat menjadi rekomendasi.

1. Lili Paris

Jenis tanaman hias gantung berikutnya adalah Lili Paris. Memiliki nama latin Cholorophytum comosum, Lili Paris berasal dari Afrika Selatan.

Lili Paris ini termasuk tanaman hias yang popular di daerah tropis seperti Indonesia karena tahan dan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. 

2. Bunga Anting-Anting

Baca Juga: Bikin Syok! Tanaman Hias Monstera Ini Dijual Seharga Ratusan Juta

Bunga Anting-anting, kembang anting-anting (YouTbe/Eddy Artha TV)
Jenis Tanaman Hias Gantung - Bunga Anting-anting, kembang anting-anting (YouTbe/Eddy Artha TV)

Di Indonesia bunga fuschia disebut dengan kembang anting-anting atau bunga anting-anting. Tumbuhan ini dapat tumbuh subur dan mekar sepanjang tahun biasanya ditemukan di taman-taman minimalis.

Anda dapat mudah menemukan bibit ini di pasaran dengan pilihan warna yang beragam seperti merah, putih, pink, ungu, dan warna kombinasi. Ciri khas bunga yang mekar ke bawah membuat bunga fuschia cocok jadi tanaman hias gantung.

3. Tanaman Begonia

Rex Begonia. Sumber: Pixabay/leoleobobeo
Jenis Tanaman Hias Gantung - Rex Begonia. Sumber: Pixabay/leoleobobeo

Sama seperti kembang anting-anting dan lili paris, tanaman begonia mudah ditanam di negara tropis seperti Indonesia. Tanaman begonia memiliki beberapa variasi yang berbedam dimulai dari dedaunan begonia hingga pucuk bunga Begonia dalam aneka warna dan bentuk yang cocok untuk tanaman gantung

Begonia selain ditanam di pot tanah, juga cocok digantung. Salah satu jenis yang terkenal adalah begonia rex dengan daun yang besar dan didominasi dengan warna hijau dan merah yang menarik.

4.     Bunga Lobelia

menanam bunga, amaranth, lobelia, petunia (Elemen Envato)
Jenis Tanaman Hias Gantung - menanam bunga, amaranth, lobelia, petunia (Elemen Envato)

Tanaman Lobelia memiliki warna yang cantik yang berwarna ungu, biru, merah, dan putih. Selain karena warnanya, tanaman ini menjadi favorit tanaman gantung karena tidak memerlukan banyak perawatan dan mudah tumbuh subur tanpa tergantung pada musim tertentu.

Cara menanamnya dengan cukup menabur lobelia di dalam tanah, setelah penyemaian berhasil dan pucuk lobelia tumbuh.

5.     Bunga Petunia

Bunga Petunia berasal dari negara Amerika Serikat yang memiliki ketinggian antara 16-30 cm. Ciri-ciri bunga petunia adalah memiliki kelopak bunga yang menyerupai terompet dengan mahkota tunggal ataupun ganda.

Sebagai bunga yang bersifat semusim tetapi kerap berbunga, bunga petunia lebih cocok di tanaman untuk Anda yang berdomisili di kota-kota sejuk, seperti Bogor atau Bandung.

6. Sirih Gading

Tanaman hias pothos / sirih gading. (Shutterstock)
Jenis Tanaman Hias Gantung - Tanaman hias pothos / sirih gading. (Shutterstock)

Sirih gading termasuk dalam jenis tanaman hias gantung paling mudah dan populer dimiliki kolektor. Tanaman ini merambat sehingga jika digantung akan memberikan kesan menjuntai yang indah.

Selain itu, cara merawat sirih gading cukup mudah. Bahkan ia dapat tumbuh hanya dengan media air saja. Jika tangkai dan daunnya telah menjalar tidak rapi anda cukup memotong atau merapikannya.

7. Pakis

tanaman hias, tanaman pakis, nephrolepis (pakis), peperomia, caperata (elemen envato)
Jenis Tanaman Hias Gantung - tanaman hias, tanaman pakis, nephrolepis (pakis), peperomia, caperata (elemen envato)

Jenis tanaman hias gantung yang terakhir adalah pakis. Beberapa tanaman pakis cocok jika digantung, tidak hanya diletakkan di tanah karena tangkainya dapat menjuntai ke bawah jika telah panjang.

Selain itu, tangkai dan daun pakis yang rimbun akan menambah kesan asri dan teduh dekorasi rumah Anda. Jika anda ingin tanaman hias gantung pilihnya jenis pakis boston.

Itulah beberapa jenis tanaman hias gantung yang dapat anda koleksi untuk mempercantik ruangan dan dekorasi rumah.  

(Rifan Aditya)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait