alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ada Banyak Macamnya, Ini 14 Jenis Pisau yang Perlu Kamu Tahu

Dinar Surya Oktarini Senin, 20 September 2021 | 11:09 WIB

Ada Banyak Macamnya, Ini 14 Jenis Pisau yang Perlu Kamu Tahu
Ilustrasi pisau daging. (Shutterstock)

Ternyata ada banyak jenis pisau yang digunakan sesuai dengan fungsinya.

SuaraBali.id - Nggak sembarangan, ternyata ada banyak jenis pisau yang berbeda sesuai dengan fungsi dan penggunaanya. Tentunya pisau untuk memotong buah dan daging berbeda. 

Koki dari setiap restoran mengetahui bahwa pisau adalah salah satu alat terpenting dalam pekerjaannya. Tapi sebagai orang awam, kita umumnya tidak memikirkan berapa banyak pisau yang kita butuhkan untuk memasak.

Dilansir dari 5Minute Crafts, berikut panduan mengenai penggunaan pisau berdasarkan jenisnya.

Pisau koki

Baca Juga: Resep Rendang Ayam Simpel, Dijamin Enak dan Bikin Ketagihan

Ilustrasi koki masak sup ular kobra. (Pexels)
Ilustrasi koki. (Pexels)

Pisau jenis ini merupakan pisau besar dengan bilah yang panjangnya tidak kurang dari 20 cm. Awalnya pisau ini dimaksudkan untuk memotong daging sapi, namun saat ini digunakan untuk berbagai fungsi seperti memotong sayuran dan daging, dan memisahkan potongan besar.

Santoku
Santoku merupakan pisau koki versi Jepang, yang bentuknya sedikit berbeda dari pisau koki. Pisau ini sedikit lebih pendek dan bilahnya hampir tidak melengkung.

Cleaver
Pisau ini merupakan pisau besar yang diperlukan untuk memotong potongan daging tebal, dan digunakan untuk membelah tulang lunak serta memotong sayuran padat seperti labu.

Utility
Pisau ini biasanya memiliki bentuk yang lebih runcing dibandingkan pisau koki. Seperti namanya, pisau ini dapat digunakan untuk berbagai alasan seperti memotong buah, daging lunak, dan sandwich.

Pisau sayur

Baca Juga: Kode Redeem Pisau Api FF, Klaim Senjata Free Fire Keren

Ilustrasi: Memasak makanan sehat. (Shutterstock)
Ilustrasi (Shutterstock)

Pisau sayur biasanya berukuran kecil dan tidak dimaksudkan untuk memotong sayuran besar atau keras. Paling sering, lebih mudah untuk memotong buah dan sayuran kecil yang lembut seperti tomat, jahe, stroberi, dan lainnya. Pisau ini juga merupakan pisau paling baik untuk mengupas sayuran dan buah-buahan.

Tourne
Pisau ini merupakan pisau yang melengkung dengan bilah yang menyerupai paruh burung, biasanya digunakan untuk mengupas buah dan sayuran bulat.

Pisau keju
Ada banyak jenis pisau keju. Pisau berlubang digunakan untuk memotong keju lunak. Jika pisau memiliki ujung bergerigi, cocok untuk keju parmesan dan keju brie. Tidak hanya berguna untuk mengiris keju, namun juga untuk menyajikannya.

Pemotong pizza
Pisau ini merupakan pisau yang memiliki bilah bundar yang bisa berputar. Awalnya, pemotong pizza digunakan untuk memotong wallpaper.

Pisau roti

Roti sisir. (Youtube Chef Devina Hermawan)
Ilustrasi Roti. (Youtube Chef Devina Hermawan)

Pisau roti memiliki gerigi yang membantu Anda memotong roti lembut tanpa mengubah bentuknya.

Pisau fillet
Pisau ini merupakan pisau yang panjang, tipis, dan fleksibel, terutama digunakan untuk memotong ikan fillet.

Pisau steak

Ilustrasi makan steak, daging merah. (Shutterstock)
Ilustrasi makan steak, daging merah. (Shutterstock)

Pisau meja tajam dengan bilah bergerigi ini sering disebut pisau steak. Pisau ini disajikan dengan hidangan daging utuh.

Pisau dekoratif
Pisau ini digunakan untuk mengiris makanan lunak yang tidak biasa, seperti keju saat disajikan.

Pisau zest
Pisau ini merupakan jenis pisau lain dengan ruang pengaplikasian yang sangat sempit. Berkat lubangnya yang tajam, pisau ini bisa memotong kulit lemon, jeruk, jeruk bali, dan buah jeruk lainnya, terutama untuk tujuan dekoratif.

Pengupas sayuran
Pisau ini merupakan pisau yang tak tergantikan untuk mengupas lapisan tipis kulit kentang, apel, mentimun, serta buah dan sayuran lainnya. Jika Anda perlu memotong beberapa sayuran menjadi irisan yang sangat tipis, pisau ini bisa membantu Anda. Misalnya saat Anda ingin membuat keripik. (Carissa Lim)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait