Pebriansyah Ariefana
Ribuan wisatawan padati Pantai Barat Pangandaran, Jawa Barat, Minggu (21/11/2021). [HR Online]

SuaraBali.id - Pantai Pangandaran adalah salah satu ikon wisata di Jawa Barat yang sangat populer. Di sini Anda bisa berburu sunset hingga berselancar. Berikut wisata pantai di Pangandaran.

Hanya saja Kabupaten Pangandaran sejatinya tak hanya memiliki Pantai Pangandaran sebagai obyek wisata pantai yang layak dikunjungi.

Ada beragam pantai eksotis lain mulai yang berpasir, pantai karang dan pantai berciri khas lain. Yuk simak ulasannya:

1. Pantai Madasari

Baca Juga: Menyebar ke Seluruh Daerah dan Luar Negeri, Suku Jawa Disebut Mudah Diterima Banyak Pihak

Pantai di ujung barat Pangandaran ini menjadi salah satu hidden treasure yang kini mulai ramai dikunjungi. Keindahan Pantai Madasari memang khas apabila dibanding pantai lain di Pangandaran.

Di Madasari, pulau karang hanya berjarak beberapa meter saja dari bibir pantai.

Pantai ini juga menjadi salah satu favorit untuk berburu matahari terbenam.

2. Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu adalah obyek wisata yang sangat terkenal di kalangan masyarakat setempat.

Baca Juga: 9 Fakta Kasus Pemerkosaan 12 Santriwati oleh Guru Pesantren di Bandung

Meski tak cukup luas, Batu Hiu memiliki karakteristik berupa bukit yang ditumbuhi banyak pohon di sekeliling pantai. Hal ini membuat Batu Hiu semakin indah dan menawan dikunjungi.

Pantai yang berjarak 14 kilometer dari Pantai Pangandaran ini menawarkan sensasi menikmati pemandangan pantai dengan angin sejuk dan pasir putih.

3. Pantai Karang Nini

Mau menikmati eksotisme pantai khas Pangandaran dengan biaya terjangkau? Datang saja ke Pantai Karang Nini. Hanya dengan kocek Rp7.500, kalian bisa menikmati panorama pantai sepuasnya.

Pantai yang berada di Desa Emplak, Kalipucang ini punya pemandangan batu karang yang menjadi daya tarik utama. Selain itu atmosfer Karang Nini masih terhitung asri dan nyaman.

Cocok untuk wisatawan yang ingin melepas penat di akhir pekan.

4. Pantai Batu Karas

Wisata pantai satu ini amat cocok untuk olahraga surfing. Ya, Batu Karas punya tiga titik surfing yang terkenal di kalangan surfer yakni Bulak Pendak, Karang dan Legok Pari.

Batu Karas memang dikenal sebagai pantai dengan ombak yang cukup besar dan menantang. Pantai ini juga bisa menjadi tempat ideal untuk belajar surfing. Fasilitas Batu Karas juga cukup lengkap.

Selain penginapan, obyek wisata ini punya kuliner khas laut yang tersebar di warung sekitar pantai.

5. Pantai Karapyak

Pantai Karapyak menawarkan pemandangan pantai yang masih tergolong alami. Lokasinya pun tak terlalu ramai seperti pantai lain di Pangandaran.

Karena belum banyak dikunjungi, fasilitas di pantai ini pun masih terbatas. Namun wisatawan tetap bisa bersantai sambil berfoto, mencari biota laut hingga memancing. Jangan lewatkan pantai berpasir putih ini saat liburan ke Jawa Barat.

6. Pantai Lembah Putri

Mau menikmati pesona Samudra Hindia dari atas bikut dan miniatur Tembok Besar China? Datang saja ke Pantai Lembah Putri.

Dari atas bukit, wisatawan dapat melihat pemandangan menakjubkan dari pantai yang berlokasi di Kecamatan Kalipucang itu. Tak hanya menawarkan panorama menawan, pengunjung dapat beraktivitas melepas penat seperti naik gantole, berkemah serta memancing.

Kalian juga bisa menyusuri gua di sekitar pantai yang dinamai Gua Ronggeng.

7. Pantai Pananjung

Pantai Pananjung menjadi obyek wisata yang menawarkan sensasi tersendiri. Alam di sekitar pantai yang masih terpelihara dengan baik membuat kalian bakal sering bertemu kera-kera liar.

Wilayah sekitar Pantai Pananjung memang masih dalan wilayah konservasi. Pantai yang berlokasi di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran ini juga punya pasir putih yang masih alami.

Tak hanya itu, pengunjung dapat bermain snorkeling dan berselancar di pantai yang biotanya masih terjaga ini.

Itulah ulasan tujuh wisata pantai di Pangandaran yang menarik dikunjungi saat liburan. Wisata pantai dapat menjadi alternatif murah meriah untuk bervakansi bersama keluarga. Namun ingat, jangan buang sampah sembarangan di kawasan pantai ya!

Kontributor : Alan Aliarcham

Komentar