Pebriansyah Ariefana
Wisatawan memadati Pantai Kuta, Badung, Bali, Selasa (25/12). [ANTARA FOTO/Fikri Yusuf]

SuaraBali.id - Setelah kasus COVID-19 mereda, Bali sudah mulai dibuka kembali. Begitu juga wisatanya. Paling tidak ada 8 wisata Bali yang sudah dibuka.

Pulau Bali sudah siap menjadi destinasi wisata nasional dan internasional. Ada banyak wisata Bali yang sudah dibuka lagi, mulai dari Pantai Pandawa hingga Monkey Forest.

Bali merupakan salah satu provinsi yang diprioritaskan untuk menerima vaksin di Indonesia.

Program ini mendapat sambutan luar biasa masyarakat Bali dengan tingkat partisipasi yang tinggi.

Baca Juga: Kenaikan Harga Batu Bara Hingga Migas Diprediksi Picu Inflasi Internasional

Dari data Satgas Penanganan Covid-19 Bali, mengutip dari Antara, dosis pertama telah menyentuh target 99,09 persen. Sementara untuk dosis kedua per 13 Oktober 2021, sudah mencapai 83,35 persen.

Relawan membersihkan sampah yang berserakan saat mengikuti aksi bersih sampah di Pantai Kuta, Badung, Bali, Rabu (6/1/2021). ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Sebanyak 1578 usaha yang ada di Bali juga sudah terverifikasi Kemenparekraf, melalui sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability). Usaha itu meliputi kategori daya tarik wisata, hotel, rumah makan hingga pusat penjualan cenderamata.

Pembukaan tempat kategori daya tarik wisata sudah dilakukan sejak pertengahan September 2021. Ada beberapa pusat wisata terkenal yang diizinkan buka dengan kapasitas pengunjung hanya 50 persen dari normal.

Untuk mengunjungi lokasi wisata Bali tersebut, pengunjung wajib memiliki aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi itu diperlukan untuk menunjukkan sertifikat vaksin serta kontrol jumlah pengunjung.

Berikut ini delapan wisata Bali yang sudah Buka. Setiap lokasinya memiliki keunggulan masing-masing, yang cocok sebagai destinasi wisata bersama teman maupun keluarga.

Baca Juga: Diimingi Bantuan Covid-19, Ibu-Ibu di Sumut Tertipu Usai Kirim Foto Bugil

1. Pantai Pandawa

Komentar