Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Robot Perhotelan Bisa Gantikan Peran Pelayan Diperkenalkan di Bali, Harga Mulai Rp 98 Juta

Eviera Paramita Sandi Jum'at, 23 September 2022 | 13:36 WIB

Robot Perhotelan Bisa Gantikan Peran Pelayan Diperkenalkan di Bali, Harga Mulai Rp 98 Juta
Produk robot cerdas Keenon Robotics. ANTARA/Naufal Fikri Yusuf

Robot-robot itu dapat bekerja secara mandiri atau bersama-sama untuk membantu pengelola ataupun pekerja restoran dan hotel.

SuaraBali.id - Produk robot cerdas yang dapat melakukan pekerjaan layanan pengantaran makanan, perhotelan, dan layanan domestik atau rumah tangga dalam ajang pameran Food, Hotel & Tourism Bali (FHTB) 2022. Kecerdasan ini diperkenalkan oleh Keenon Robotic di Bali.

"Melalui FHTB 2022 ini, kami memperkenalkan produk robot Keenon kepada masyarakat luas terutama untuk perhotelan dan restoran," ujar Direktur PT Fokus Diagnostic Indonesia selaku distributor robotic Keenon Kuswadi Saibun di Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (23/11/2022).

Stan Keenon memamerkan sejumlah robot seperti Robot Restoran, Robot Hotel, Robot Perhotelan, dan Robot Desinfeksi yang dijual dengan harga bervariasi antara Rp98 juta hingga sekitar Rp300 juta.

Robot-robot itu dapat bekerja secara mandiri atau bersama-sama untuk membantu pengelola ataupun pekerja restoran dan hotel dengan penerimaan tamu, pengiriman makanan, dan pekerjaan desinfeksi. Hal ini tentu bisa jadi pengganti tenaga manusia yang selama ini digunakan untuk melayani hal-hal ini.

Baca Juga: Kenal Via Twitter, Sejoli Pelaku Video Mesum di Bali Mengaku Hanya Friends With Benefit

Robot restoran disebut mampu membantu mengantarkan makanan kepada pembeli dan mengirim kembali piring kotor, yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi layanan pengiriman makanan di hotel dan restoran.

Sedangkan robot hotel dapat menjadi robot pelayan yang mampu menggunakan lift untuk mengantarkan barang ke kamar sepanjang hari, menawarkan layanan kamar tanpa kontak yang stabil dan aman.

"Untuk Robot Desinfeksi dilengkapi dengan lampu dan penyemprot sterilisasi profesional, yang dapat membunuh kuman dan virus di permukaan dan bahkan di udara. Ini menyediakan layanan kesehatan yang nyaman untuk berbagai ruang publik," katanya.

Robot Keenon disebut juga dilengkapi dengan dengan teknologi navigasi yang memungkinkan operasi yang stabil dan efisien di berbagai lingkungan yang kompleks tersebut dapat diterima masyarakat (ANTARA)

Baca Juga: Curah Hujan Tinggi, Masyarakat di Tabanan Diminta Waspada Bencana Alam

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait