facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Patung-Patung Misterius Terpasang di Pura Tirta Manik Mas Jalur Pendakian Gunung Agung Bali

Eviera Paramita Sandi Rabu, 26 Januari 2022 | 10:23 WIB

Patung-Patung Misterius Terpasang di Pura Tirta Manik Mas Jalur Pendakian Gunung Agung Bali
Gunung Agung. (Instagram)

Adapun pria yang juga menjabat sebagai sekretaris PHDI Kecamatan Selat tersebut mengatakan bahwa PHDI dan MDA Selat bersama Bendesa Adat Sogra sudah melaksanakan paruman

SuaraBali.id - Sejumlah patung misterius ditemukan terpasang di kawasan Pura Tirta Manik Mas jalur pendakian Gunung Agung. Hal ini pun menjadi pertanyaan dari berbagai pihak terkait siapa yang memasang patung-patung tersebut.

Menanggapi hal itu pengempon dan pengurus Pura Pasar Agung, Desa Sebudi, Selat, Karangasem, Bali segera menggelar rapat.Hal ini disampaikan langsung oleh bagian humas Pura Pasar Agung, I Wayan Suara Arsana saat dihubungi, Rabu (26/01/2022).

"Ya menyikapi ditemukannya patung - patung tersebut, dari pihak pengempon dan pengurus Pura Pasar Agung akan segera melaksanakan paruman yang melibatkan Muspika serta lembaga adat lainnya," ujarnya seperti diwartakan beritabali.com – Jaringan Suara.com.

Adapun pria yang juga menjabat sebagai sekretaris PHDI Kecamatan Selat tersebut mengatakan bahwa PHDI dan MDA Selat bersama Bendesa Adat Sogra sudah sempat melaksanakan paruman alit pada Selasa (25/01/2022).

Hasil dari paruman tersebut yakni pihak MDA kecamatan akan mencari sumber yang memasang untuk mengetahui tujuan di balik pemasangan patung itu. Ini karena dalam prosesnya tidak meminta izin kepada pihak pengempon pura.

Sementara itu, dari pihak PHDI Kecamatan Selat menyatakan bahwa patung tersebut tidak sesuai dengan pakem dresta Bali dan dresta setempat.

Hanya saja untuk bagaimana tindak lanjutnya terkait keberadaan patung tersebut diserahkan kembali kepada pengempon Pura Pasar Agung dan Bendesa Sogra.

Karena menurut Purana Pasar Agung di larang memasang patung apapun atau Pelinggih di atas areal Pura Pasar Agung.

Untuk diketahui, sebelum keberadaan patung - patung tersebut ditemukan, sekitar tanggal 16 Januari 2022 lalu, diketahui sempat ada rombongan pendaki sebanyak 70 orang yang tidak diketahui asalnya naik melalui jalur Pura Pasar Agung, Sebudi sekitar pukul 10.00 WITA dan turun keesokan harinya.

Salah seorang saksi mata menyebutkan dari rombongan tersebut sempat terlihat membawa benda menyerupai patung dengan dipapah menggunakan sebilah bambu (sanan), hanya saja untuk bentuk ataupun jenis patung yang dibawa tersebut tidak diketahui secara pasti.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar

Berita Terkait