facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Taman Safari Indonesia, Tempat Wisata Seru Sekaligus Edukasi Asyik

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 24 Desember 2021 | 17:19 WIB

Taman Safari Indonesia, Tempat Wisata Seru Sekaligus Edukasi Asyik
Panda Taman Safari Indonesia, Cai Tao mendapat penghargaan panda terfavorit di dunia dari Giant Panda Global Award (GPGA) di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (28/7/2018). [Suara.com/Rambiga]

Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga, selain berhawa sejuk, taman safari Indonesia ini juga menyediakan wisata edukasi.

SuaraBali.id - Taman Safari Indonesia merupakan salah satu destinasi wisata yang berdesain kebun binatang. Pula termasuk kebun bintang terbesar di Indonesia, dengan memiliki lebih dari 280 spesies satwa dan dikelilingi lebih 5000 pohon.

Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berlibur bersama keluarga, selain berhawa sejuk, taman safari Indonesia ini juga menyediakan wisata edukasi. Tertarik ingin mengunjungi tempat ini? Yuk simak ulasan berikut ini.

Taman Safari Indonesia 1 ini beralamat di Jalan Kapten Harun Kabir no. 724, Cibeureum, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Taman Safari Indonesia 2 terletak di lereng Gunung Arjuno, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, serta Taman Safari Indonesia 3 di Desa Serongga, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali

Namun, pada tulisan ini, hanya akan membas Taman Safari Indonesia 1, yang memiliki jam buka atau operasional mulai dari 08.30 WIB pagi hingga 23.00 WIB malam. Sementara untuk tiket masuknya mulai dari Rp 180.000 hingga Rp 400.000.

Baca Juga: Hari Ini Ganjil Genap Diberlakukan di Kawasan Puncak Cianjur

Dengan rincian tiket masuk yang dibedakan dalam 2 kategori, yakni tiket masuk untuk wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara. Dan berlaku untuk tiket jenis Taman Safari Indonesia siang atapun malam.

Wisatawan domestik pada hari biasa, untuk usia anak antara 1 – 5 tahun, dikenakan biaya masuk Rp 180.000. Sementara untuk dewasa dikenakan tarif sebesar Rp 210.000. Pada hari libur, wisatawan domestik bagi anak usia 1 – 5 tahun dikenakan biaya Rp 220.000 dan dewasa sebesar Rp 250.000.

Untuk wisatawan yang berasal dari luar negeri atau mancanegara, berlaku pada hari biasa maupun hari libur, harga tiket masuk ke Taman Safari Indonesia ini diatur dengan ketentuan yaitu, anak usia 1 hingga 5 tahun dikenakan tarif sebesar Rp 350.000 dan dewasa dikenakan tarif sebesar Rp 400.000.

Dengan membayar harga tiket yang sudah ditentukan tersebut, pada Taman Safari Siang yakni pada jam antara 08.30 WIB hingga 17.00 WIB, pengunjung akan bisa melakukan aktivitas berkeliling hutan dengan kendaraan pribadi, melihat tingkah laku satwa di balik jendela kendaraan.

Serta bisa melakukan aktivitas permainan dari aneka wahana yang ada seperti rumah hantu 3D. Untuk Taman Safari Indonesia Malam, sebenarnya tidak berbeda dengan Taman Safari Indonesia siang, hanya saja ada beberapa perbedaan pada pertunjukkannya saja.

Baca Juga: Waspada, Jenis Penyakit Ini Menyerang Saat Musim Pancaroba

Selain melakukan aktifitas berkeliling kebun binatang, bermain wahana theme park taman safari, bermain di water park, serta menikmati pemandangan dari balon udara, pengunjung juga bisa menikmati beberapa pertunjukkan yang hanya terdapat pada siang hari, meliputi:

1. Elephant Show

Pertunjukan ini berlatar belakang operasi Ganesha pada 1982. Kala itu, konflik terjadi antara gajah dan manusia. Dengan menyaksikan pertunjukan gajah ini, pengunjung akan diajak untuk menjaga habitat gajah yang kian hari makin menyempit.

Tempat pertujukkan ini di Plaza Gajah, dan waktu pelaksanaan dari pertujukkan ini adalah pada jam 14.30 di hari biasa, sementara untuk hari libur dan akhir pekan akan dilaksanakan pada jam 11.30 WIB dan 14.30 WIB.

2. Varius Animal

Dengan menyaksikan Various Animal Show, pengunjung bisa mengenalkan aneka satwa dengan cara yang menyenangkan kepada putra putriya. Di Various Animal Show, pengunjung cukup duduk manis dan melihat beberapa jenis hewan tampil menggemaskan di atas panggung.

Tempat petujunjukkan ada di panggung terbuka, pada setiap hari di wjam 11.30 WIB dan 15.00 WIB.

3. Bird of Prey

Pertunjukkan memberi makan kepada burung pemangsa, serta pengunjung juga berkesempatan untuk memberinya makan. Tempat pertunjukkan ini berada di lapangan burung pemangsa, pelaksanaannya pada jam 14.00 dan 15.30 pada setiap harinya.

4. Sea Lion

Pertunjukkan singa laut, bertempat di Sea Lion Show, waktu pertunjukkan setiap hari pada jam 11.30 WIB dan 15.00 WIB.

5. Dolphin and Friends

Merupakan sebuah pertunjukkan dari lumba – lumba, tempat pertunjukkan ada di Dolphins. Pelaksanaan pertunjukkan pada jam 13.00 WIB dan 16.00 WIB pada setiap harinya.

6. Raja Rimba

Pertunjukkan dari seekor Harimau, yang berlokasi di panggung raja rimba, waktu pelaksanaan atraksi pada jam 13.30 dan 16.00 WIB.

7. Safari Theater

Merupakan atraksi menakjubkan dari Oriental Circus Indonesia. Ada berbagai macam pertunjukan akrobatik, sulap, lawakan, tarian api dan atraksi lainnya yang tak kalah menghibur. Bertempat di safati theater, pertunjukkan ini dilaksanakan pada jam 15.30 setia harinya.

Sementara untuk hari libur dan akhir pekan, pertunjukkan di safari theater akan dilaksanakan pada jam 13.30 WIB dan 15.30 WIB.

8. Globe of Death

Merupakan sebuah globe besar yang di dalamnya terdapat 5 sepeda motr berputar-putar tanpa bertabrakan satu sama lain. Tempat pelaksanaan atraksi di globe death, pada jam 14.30 di hari biasa. Sementara pada hari libur dan akhir pekan pada jam 14.00 WIB dan 16.00 WIB.

9. Cowboy Show

Merupakan sebuah theater dari sekelompok bandit yang dikejar oleh sheriff. Tempat pelaksanaan theater ini berada di panggung cowboy, pada jam 14.00 di hari biasa. Sementara pada akhir pekan atau hari libur pada jam 13.00 WIB dan 15.30 WIB.

Selain pertunjukkan-pertunjukkan tersebut, Pada Taman Safari Indonesia malam, pengunjung akan merasakan pengalaman safari yang berbeda. pengunjung berkesempatan untuk menjelajahi kehidupan malam satwa liar dengan mengendarai kereta wisata terbuka dan dipandu oleh guide, menikmati wahana permainan, serta menonton pertunjukkan light dance.

Di Taman Safari Indonesia yang terletak di Cisarua Bogor, apabila pengunjung sedang lapar, bisa langsung menikmati makanan yang tersedia di berbagai restoran yang ada di tempat ini. Serta Bagi yang ingin menginap, disediakan penginapan berbentuk bungalow dengan desain kayu yang unik dan fasilitas lengkap.

Demikianlah ulasan mengenai Taman Safari Indonesia di Cisarua Bogor.

Kontributor : Agung Kurniawan

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait