facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Diresmikan Presiden Jokowi, Jalan Bypass BIL-Mandalika Sudah Retak dan Berlubang

Muhammad Yunus Minggu, 12 Desember 2021 | 13:31 WIB

Diresmikan Presiden Jokowi, Jalan Bypass BIL-Mandalika Sudah Retak dan Berlubang
Jalan bypass yang menghubungkan Bandara Internasional Lombok (BIL) dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika retak dan berlubang [Suara.com/Lalu Muhammad Helmi Akbar]

Satu bulan sejak diresmikan Presiden Jokowi

SuaraBali.id - Jalan bypass yang menghubungkan Bandara Internasional Lombok (BIL) dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika terpantau di beberapa titik sudah retak dan berlubang. Padahal, jalan bypass BIL-Mandalika ini baru diresmikan satu bulan yang lalu, Jumat (13/12/2021) oleh Presiden Joko Widodo.

Jalan ini menghabiskan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sekitar Rp705 Miliar. Namun, masih jauh panggang daripada api, jalan tersebut sudah tampak rusak.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Nusa Tenggara Barat (NTB) Rieza Setiawan membenarkan kerusakan yang terjadi di jalan yang diresmikan bersamaan dengan Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit itu.

"Memang ada pergesaran itu di bahu jalannya, itu yang membuat retak," katanya pada kepada Suara.com pada Minggu (12/12/2021).

Baca Juga: Tak Ada Klaster Covid-19 Baru usai Menggelar WSBK Mandalika, ITDC Sukses Terapkan Prokes

Berdasarkan hasil pantauan Suara.com pada Minggu, (12/12/2021) di sepanjang jalan bypass BIL-Mandalika terdapat sekitar 8 titik kerusakan tingkat kerusakan sedang hingga parah. Ruas jalan yang rusak tersebut tampak diberikan garis pembatas dan ditutupi dengan plastik.

Lebih lanjut, Rieza mengatakan bahwa proses pembangunan jalan tersebut memang akan dilanjutkan. Saat diresmikan Presiden Jokowi, kata Rieza, pembangunan jalan baru selesai tahap 1.

"Ada beberapa yang memang butuh penanganan tahap 2. Karena ada beberapa spot yang tidak bisa masuk di kontrak tahap I dan masih butuh perkuatan. Segera akan diperkuat di tahap 2," tukasnya.

Untuk pembangunan tahap 1, prioritas pembangunan adalah untuk jalur cepat. Sedangkan untuk tahap 2, akan mulai dibangun jalur lambat di jalan sepanjang  17,36 kilometer tersebut.

"Untuk jalur cepat hanya perbaikan kecil jadi tidak ada masalah dapat dilalui dan dipakai utk menuju Mandalika. Yang dilakukan ke depan meneruskan penghijauan di sepanjang bypass," ujarnya.

Baca Juga: Tanggapan BPJN Soal Aksi Warga Bongkar Jalan Bypass di Mandalika - Awang

Pengerjaan jalan bypass BIL-Mandalika, kata Rieza, dikoordinir langsung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Namun, pihaknya sedang mengupayakan agar segera dilakukan perbaikan di jalan bypass tersebut terutama dalam menyambut event MotoGp di Sirkuit Mandalika.

Ia menambahkan, bahwa jalan bypass BIL-Mandalika telah lolos tahap uji coba kelayakan dari Kementerian PUPR.

"Paket ini sudah dilakukan pengawalan khusus oleh pihak internal kementerian PUPR dan dilakukan uji dan telah sesuai dgn spesifikasi. Adapun yg masih ada rusak2 akan diperbaiki lagi karena masih dalam masa pemeliharaan yang menjadi tanggung jawab penyedia jasa," sebutnya.

Kontributor : Lalu Muhammad Helmi Akbar

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait