alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Pakaian Adat Betawi, Ada yang Khusus Bangsawan

Pebriansyah Ariefana Rabu, 08 Desember 2021 | 11:05 WIB

5 Pakaian Adat Betawi, Ada yang Khusus Bangsawan
Warga berjalan melintasi mural bertema budaya Betawi di kawasan Kampung Sentra Kreatif, RW 006 Kota Bambu Selatan, Palmerah, Jakarta, Rabu (3/11/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Kebudayaan yang memiliki sentuhan budaya Tionghoa, India, dan Arab yang tercermin dari pakaian adat Betawi dan beragam ornamen pendampingnya.

SuaraBali.id - DKI Jakarta merupakan tempat pertemuan berbagai kebudayaan pendatang dengan kebudayaan asli Betawi. Kebudayaan yang memiliki sentuhan budaya Tionghoa, India, dan Arab yang tercermin dari pakaian adat Betawi dan beragam ornamen pendampingnya.

Biasanya pakaian ini digunakan pada waktu perayaan atau hajatan. Hal ini menunjukan bahwa pakaian adat Betawi ini cukup ikonik dan memiliki khas untuk dipakai dalam berbagai momentum.

Dikesempatan kali ini kita akan membahas tentang pakaian adat Betawi yang mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui nama dari pakaian tersebut.

Berikut nama pakaian adat Betawi yang perlu anda ketahui:

Baca Juga: Wisata Alam, Ini 5 Tempat Piknik di Jakarta yang Nggak Kalah Kece

1. Pakaian Adat Betawi Pria

Pakaian adat ini khusus untuk pria yang terdiri dari berbagai macam antara lain baju koko, celana batik, celana komprang, baju sadariah, selendang, sorban, peci, dan ikat pinggang. Pakaian tersebut adalah pakaian tradisional keseharian pria Betawi.

2. Pakaian Adat Betawi Wanita

Pakaian adat ini terdiri dari pakaian kurung, kain sarung batik, dan kerudung atau selendang kepala, pakaian ini digunakan khusus wanita untuk model dan sehari-hari. Biasanya baju kurung memiliki warna yang mencolok seperti kuning, pink, hijau, dsb.

3. Busana Abang None Jakarta

Baca Juga: Rumah Adat Betawi, Keunikan Hasil Alkulturasi Berbagai Suku

Pakaian ini mencerminkan busana sehari-hari yang digunakan oleh masyarakat Betawi. Untuk wanita biasanya menggunakan baju kurung yang tidak bermotif dengan model lengan pendek. Sementara untuk laki-laki menggunakan baju koko sadariah untuk kesehariannya.

Dipadukan dengan celana seperempat kaki dengan ukuran yang besar dan ditambah dengan asesoris peci dan kopyah dan selendang yang disampirkan dibahu mereka.

4. Baju Pengantin Adat Betawi

Pakaian pengantin ini memiliki dua sebutan yaitu Dandanan Care Haji dan Care None Pengantin Cine. Dandanan Care Haji merupakan sebuah bentuk akulturasi budaya yang ada di Betawi yaitu budaya Melayu, Arab, dan Cina.

Pakaian ini digunakan untuk pengantin laki-laki dengan jubah panjang dan dilengkapi dengan kopyah. Dandanan Care None Pengantin Cine digunakan untuk pengantin wanita yang berupa rok yang disebut kun.

5. Pakaian Adat Betawi Khusus Bangsawan

Untuk bangsawan yang akan menghadiri acar memiliki pakaian khusus yang disebut dengan Baju Ujung Serong. Dinamakan Serong karena kain yang ada di dalam jas tampak keluar sedikit sekitar 8 cm dan dibuat serong.

Namun seiring berjalannya waktu pakaian ini tidak digunakan oleh bangsawan saja melainkan para PNS DKI Jakarta juga menggunakan pakaian ini.

Demikian penjelasan tentang pakaian adat Betawi yang perlu anda ketahui.

Kontributor : Annisa Nur Rachmawati

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait