facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

10 Makanan Khas Sumatera Selatan, Pilih yang Kamu Suka, Bukan Cuma Pempek

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 12 November 2021 | 12:29 WIB

10 Makanan Khas Sumatera Selatan, Pilih yang Kamu Suka, Bukan Cuma Pempek
Pempek kapal selam [Facebook]

Makanan khas Sumatera Selatan ini tersebar ke seantero tempat di Indonesia.

SuaraBali.id - Sumatera Selatan mempunyai segudang makanan enak. Makanan khas Sumatera Selatan ini tersebar ke seantero tempat di Indonesia.

Bagi seorang penjelajah, salah satu hal menarik dari berwisata adalah mengenal lebih jauh tentang adat istiadat warga setempat. Baik dari tata bahasa yang digunakan, bagaimana cara bersikap, pakaian adat, rumah adat, tarian adat, hingga masakan khas daerah setempat.

Tentu dengan mengetahui hal-hal tersebut, pendatang menjadi lebih tertarik karena melihat keunikan dan keistimewaan turun temurun warga setempat. Salah satu hal yang menarik adalah mengenal lebih jauh tentang masakan khas daerah tersebut yang biasa disebut wisata kuliner.

Wisata kuliner menjadi hal wajib saat berkunjung ke daerah baru. Bagi para pecinta wisata kuliner, tentu mengetahui bahwa tiap-tiap daerah memiliki cita rasa yang khas karena rempah-rempah yang digunakan pun istimewa. Proses memasak hingga menyajikan makanan pun menjadi ciri khas wisata kuliner suatu daerah.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Kalimantan Terenak: Bingka, Ketupat Kandangan, Hingga Gangan Humbut

Indonesia merupakan negara dengan banyaknya warisan leluhur termasuk masakannya. Salah satu provinsi dengan warisan leluhur yang istimewa adalah Sumatera Selatan. Sumatera Selatan merupakan provinsi yang berada di sebelah barat Indonesia.

Sumatera Selatan memiliki warisan leluhur yang unik dari mulai pakaian adat, rumah adat, tarian adat, hingga masakan khas Sumatera Selatan yang tentunya istimewa.

Salah satu wisata kuliner yang menarik adalah mencicipi makanan khas Sumatera Selatan. Masakan khas Sumatera Selatan dibuat dengan berbagai rempah-rempah khas dengan rasa pedas, asam, manis yang segar.

Berikut rekomendasi 10 makanan khas Sumatera Selatan yang wajib dicicipi pendatang:

1. Laksan Palembang

Baca Juga: Model Asal India Ini Dilamar Pakai Mahar 200 Unta, Langsung Ditolak

Makanan khas Palembang, Laksan (Jepretan Instagram Bundarayya)
Makanan khas Palembang, Laksan (Jepretan Instagram Bundarayya)

Laksan Palembang merupakan makanan khas Sumatera Selatan. Makanan ini adalah pempek yang dipotong kemudian disajikan dalam kuah santan. Kuah tersebut terasa gurih, pedas, dan asam. Laksan juga kerap dihidangkan dengan taburan bawang goreng dan sambal rawit hijau di atasnya.

2. Pindang Iga Sapi

Pindang Iga Sapi merupakan makanan khas Sumatera Selatan yang dihidangkan pada acara istimewa. Rasa dari Pindang Iga Sapi ini merupakan perpaduan antara rasa manis, pedas, asam. Proses pembuatannya cukup lama karena harus merebus iga sapi hingga empuk.

3. Model

Model merupakan makanan khas Sumatera Selatan yakni sebuah sup ikan tenggiri, telur, tahu cina, dan tepung sagu. Makanan ini kerap disajikan dengan kuah dan mentimun.

4. Tekwan

Tekwan Palembang [istimewa]
Tekwan Palembang [istimewa]

Tekwan merupakan makanan khas Sumatera Selatan. Tekwan adalah sup bakso ikan dengan rempah-rempah yang menghangatkan tubuh. Tekwan menggunakan banyak ikan dengan bawang dan jamur kuping.

5. Sate

Sate Padang merupakan makanan khas Sumatera Selatan yang sangat terkenal. Sate ini adalah hidangan wajib saat berbuka puasa. Daging yang kenyal dipadu dengan kuah padang yang gurih dan asin membuat menu ini sulit dilupakan.

6. Mie Celor

Mie Celor merupakan makanan khas Sumatera Selatan yang mirip dengan mie Aceh. Sajian ini yakni dibuat dengan mi, tauge, kucai, telur, dan udang. Kemudian akan disiram dengan kuah udang yang kental.

7. Brengkes Tempoyak

Tempoyak ikan, kuliner khas Jambi. (Instagram/@amyzayu)
Tempoyak ikan, kuliner khas Jambi. (Instagram/@amyzayu)

Salah satu makanan dengan bahan utama ikan dari Sumatera Selatan adalah Brengkes Tempoyak. Bahan utamanya yakni ikan patin segar. Brengkes Tempoyak dicampur dengan bumbu fermentasi durian yang unik.

8. Laksan

Laksan Palembang [istimewa]
Laksan Palembang [istimewa]

Laksan merupakan makanan khas Sumatera Selatan yang mirip pempek. Bahan dasar Laksan adalah tepung dan ikan tenggiri. Bedanya, laksan menggunakan kuah santan dengan lontong sayur.

9. Pindang Patin

Pindang patin merupakan makanan khas Sumatera Selatan yang juga berbahan dasar ikan. Ikan yang digunakan adalah ikan patin. Keunikan masakan ini adalah adanya belimbing sayur sebagai tambahan rasa pindang yang segar.

10. Malbi

Malbi khas Palembang [instagram]
Malbi khas Palembang [instagram]

Malbi adalah makanan khas Sumatera Selatan dengan bahan dasar daging sapi. Maldi mirip dengan semur daging tetapi dengan rempah yang berbeda. Malbi dicampur dengan bawang merah, bawang putih, kaldu sapi, gula, kecap, garam, sereh.

Demikian 10 masakan khas Sumatera Selatan. Masakan Sumatera Selatan didominasi oleh rasa pedas, asam, manis, segar karena banyaknya rempah yang digunakan. Makanan di atas sangat cocok dicicipi oleh pendatang.

Kontributor : Annisa Fianni Sisma

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait