alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ukuran Pot Juga Penting, Ini 3 Tips Agar Aglonema Cepat Bertunas

Dinar Surya Oktarini Rabu, 29 September 2021 | 13:16 WIB

Ukuran Pot Juga Penting, Ini 3 Tips Agar Aglonema Cepat Bertunas
Aglonema (Instagram @fhani_flora_metro)

Yuk simak deretan tips agar tanaman aglonema cepat bertunas.

SuaraBali.id - Saat yang paling ditunggu ketika memiliki tanaman aglonema adalah tumbuhnya tunas baru. Karena dengan kemunculannya, kamu nggak perlu lagi membeli yang baru. Yuk simak tips agar aglonema cepat bertunas.

Meski terdengar susah, sebenarnya ada cara mudah membuat aglonema cepat bertunas. Dilansir dari kanal YouTube Hobi Bunga, berikut tiga langkah mudah membuat aglonema cepat bertunas.

1. Penyiraman secukupnya

Aglonema merupakan salah satu tanaman hias yang tidak memerlukan banyak air untuk pertumbuhan. Tanaman satu ini cukup disiram kira-kira tiga hari sekali atau ketika media tanam sudah cukup kering.

Baca Juga: 5 Jenis Pupuk untuk Aglonema agar Tetap Subur dan Indah

Tanaman hias Aglonema di Pekalongan Lampung Timur [Antara/Hisar Sitanggang]
Tanaman hias Aglonema di Pekalongan Lampung Timur [Antara/Hisar Sitanggang]

Aglonema yang disiram secara berlebihan justru akan membuang nutrisi yang mereka butuhkan. Oleh karena itu, pastikan kamu tidak menyiramnya saat kondisi media tanam masih basah.

2. Pemupukan

Pemupukan aglonema paling tepat dilakukan dengan pupuk daun setiap dua minggu sekali. Caranya, larutkan dua gram pupuk daun dengan satu liter air, kemudian siramkan larutan pupuk daun secukupnya di media tanam aglonema tepatnya bagian akar, bonggol dan batang.

Beberapa pupuk aglonema yang bisa kamu jadikan pilihan di antaranya growmore, dekastar, dan gandasil D. Sementara itu, hindari penggunaan pupuk NPK 16-16-16 karena sifat mereka yang cukup panas.

3. Pemilihan ukuran pot

Baca Juga: Pembeli Sampai Jual Rumah dan Mobil, Apa Keistimewaan Tanaman Hias dari Tawangmangu Ini?

Meskipun terkenal sederhana, pemilihan pot pada aglonema akan sangat mempengaruhi proses pertumbuhan.
Apabila ukuran aglonema masih kecil, tempatkan di pot kecil karena penggunaan pot terlalu besar dapat membuat aglonema sulit bertunas. Namun, apabila aglonema sudah cukup besar, pindahkan aglonema ke pot yang lebih besar.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait