alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

PON PAPUA: Profil Tempat Pertandingan, Kota dan Kabupaten Jayapura, Merauke dan Mimika

Pebriansyah Ariefana Minggu, 05 September 2021 | 14:06 WIB

PON PAPUA: Profil Tempat Pertandingan, Kota dan Kabupaten Jayapura, Merauke dan Mimika
Lokasi Venue Pon 2020 Papua, Kampung Harapan, Sentani, Jayapura, Papua, Kamis (16/4). [ANTARA FOTO/Gusti Tanati]

Asal kata Irian adalah Indonesia Anti-Netherland.

SuaraBali.id - PON Papua akan digelar di 4 tepat. Di antaranya Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke dan Kabupaten Mimika. PON Papua akan dilakukan 2-15 Oktober.

Bumi Cenderawasih ini sejak 1969 dikenal dengan nama Irian Barat.

Nama itu sendiri kemudian diganti menjadi Irian Jaya oleh Presiden Soeharto pada 1973 bersamaan dengan peresmian tambang tembaga dan emas Freeport.

Asal kata Irian adalah Indonesia Anti-Netherland. Nama Irian Jaya sendiri kemudian diganti menjadi Papua pada era Presiden RI keempat Abdurahman Wahid sesuai dengan UU Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Papua.

Baca Juga: PON PAPUA: Atlet Biliar Kalbar Dikirim ke Amerika untuk Rebut Medali Emas

Dengan luas wilayah provinsi sebesar 316.553,07 km persegi menjadikannya sebagai provinsi terluas di Indonesia yang dihuni oleh 3.435.430 jiwa (BPS, 2020).

Provinsi Papua terdiri dari 255 Suku dan 290 Bahasa, serta terdapat lima wilayah adat yaitu Mamta dan Saereri di bagian Utara, La Pago dan Mee Pago di bagian Tengah dan Anim Ha di bagian Selatan. Didalamnya mencakup 28 Kabupaten dan 1 Kota Jayapura, 576 Distrik, 159 Kelurahan serta 5.549 kampung/desa.

Papua terletak di bagian paling timur Indonesia, waktu yang berlaku di sini adalah Waktu Indonesia Timur (WIT) dengan selisih 9 jam dari waktu Greenwich atau bisa dikatakan waktu di Papua lebih cepat 2 jam daripada Waktu Indonesia Barat (WIB).

Kondisi waktu tersebut menjadikan Provinsi Papua merupakan Provinsi yang paling pertama mendapatkan sinar matahari dari seluruh provinsi di wilayah NKRI.

Kota Jayapura

Baca Juga: Christian Lenglolo Wafat, Marwal Iskandar Kenang Momen Lucu hingga Juara Bersama Persipura

Kota Jayapura adalah ibu kota Provinsi Papua. Kota ini didirikan oleh Kapten Infanteri F.J.P. Sanchse dari Kerajaan Belanda pada 7 Maret 1910 dengan nama Hollandia, setelah itu kota ini sempat disebut Kota Baru dan Sokarnopura pada 1964 sebelum menyandang nama yang sekarang Jayapura.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait