alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cerita Tengku Zul Saat Ditanyai Hubungan Israel dan Gus Dur: Luar Biasa!

M Nurhadi Sabtu, 15 Mei 2021 | 15:06 WIB

Cerita Tengku Zul Saat Ditanyai Hubungan Israel dan Gus Dur: Luar Biasa!
Almarhum Presiden Republik Indonesia ke-4, KH. Abdurrahman Wahid, atau yang akrab disapa Gus Dur. [Twitter@tsamaraDKI]

"Jangan diragukan cintanya Gus Dur pada NKRI dan agama, kata Tengku Zul.

SuaraBali.id - Belakangan, konflik antara Israel dan Palestina kian memanas. Di tengah keadaan yang kian memburuk ini, sosok mendiang Ustadz Tengku Zulkarnain ternyata pernah menyinggung bahwa Indonesia pernah berhubungan dekat dengan Israel.

Hal itu terjadi saat Indonesia dipimpin Almarhum Gus Dur. Menurut Tengku Zul, meski kontroversial, kebijakan ini kelewat cerdas.

Dalam video yang sempat viral itu, Ustadz Tengku Zulkarnain pernah ditanyai perihal hubungan Gus Dur dan Israel.

Menjawab pertanyaan itu, menurutnya, Gus Dur saat itu mengambil keputusan yang sangat cerdas. Gus Dur meladeni keinginan Israel untuk menjalin hubungan diplomatik dengan Indonesia.

Baca Juga: 5 Hari 'Perang' Israel vs Palestina, Puluhan Bocah Tewas

“Saya tahu Gus Dur itu mendapatkan dana dari Yayasan Shimon Peres untuk buat hubungan diplomatik dengan Israel. Gus Dur ketua Yayasan Shimon Peres. Tapi saya tak melihat Gus Dur pro zionis,” jelas Ustaz Tengku Zul dikutip dari video yang diunggah kembali akun Instagram @brigade.nu.

Saat itu Gus Dur menuruti kemauan Israel yang sudah sejak lama ingin berhubungan dengan Indonesia. Gus Dur lantas mengaku siap dengan hal itu.

“Dia itu menolaknya halus. Israel minta (cepat) bisa dibuat (diplomatik) Gus Dur jawabnya bisa lah. Prosesnya udah tapi ya tetap nggak bisa. Susah sulit perlu waktu lama. Ya udah kita mulai (kata Israel), ya monggo saja,” kata Ustaz Tengku, melansir Hops.is (jaringan Suara.com).

Dengan sengaja, Gus Dur lantas berpidato resmi ke publik bahwa Indonesia bakal menjalin hubungan diplomatik dengan Israel.

Pidato itu lantas mendapatkan reaksi kemarahan dari publik Indonesia. Respon ini lantas diterima Israel hingga mau tak mau mereka membatalkan rencana mereka.

Baca Juga: Jual Beli Serangan Israel-Palestina Terus Berlanjut di Hari Raya Idul Fitri

“Se-Indonesia protes dan marah. Nggak bisa semudah itu, sampai wafatnya Gus Dur, Indonesia belum bisa hubungan diplomatik dengan Israel. Gus Dur akhirnya bilang ke Israel tuh mereka belum mau. Akhirnya Israel diam tak pernah ngotot hubungan diplomatik lagi. Nggak cerdas Gus Dur itu. Itu cerdasnya Gus Dur,” katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait