alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

13 Makanan Khas Lebaran di Seluruh Dunia

Pebriansyah Ariefana Kamis, 13 Mei 2021 | 15:10 WIB

13 Makanan Khas Lebaran di Seluruh Dunia
Nasi Kabsa. (Dok Accor Hotel)

Selain di Indonesia, pernahkan kamu bertanya-tanya, hidangan spesial apa yang juga disantap oleh Muslim di seluruh dunia saat Lebaran?

SuaraBali.id - Kumpulan makanan khas Lebaran di seluruh dunia untuk rayakan Idul Fitri. Terlebih, setelah satu bulan berpuasa, ketupat, rendang, opor, sambal goreng ati hingga hidangan lainnya terasa semakin spesial untuk memuaskan selera.

Selain di Indonesia, pernahkan kamu bertanya-tanya, hidangan spesial apa yang juga disantap oleh Muslim di seluruh dunia saat Lebaran?

Berikut daftarnya seperti yang telah dilansir dari Says.

1. Sambal goreng pengantin (Singapura)

Baca Juga: Kumpulan Pantun Lebaran 2021 untuk Ucapan Idul Fitri 1442 H

Makanan khas Singapura ini merupakan sup pedas yang terbuat dari daging cincang, paru-paru sapi, udang, tahu, dan tempe yang direbus dengan bumbu sambal terasi, kaldu dan bumbu khusus lainnya untuk mendapatkan cita rasa yang unik. Disajikan pada acara-acara khusus, biasanya sambal goreng pengantin dinikmati dengan lontong atau nasi minyak.

2. Opor ayam (Indonesia)

Selain rendang khas Minang, opor ayam menjadi pusat perhatian di Indonesia selama Hari Raya. Hidangan ayam yang harum, direbus dengan santan dan paduan khas rempah khas Indonesia ini selalu dapat dinikmati dengan tambahan ketupat!

3. Sheer khurma (Bangladesh)

Juga dikenal secara lokal sebagai payasam (hidangan manis yang disajikan selama Deepavali), sheer khurma adalah hidangan pencuci mulut yang dibuat dengan bihun panggang (atau sagu) yang dimasak dengan susu manis, pistachio panggang atau kacang mete, lalu disajikan dengan kurma segar. Biasanya makanan dinikmati, hangat dan dingin, setelah salat ied di pagi hari.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Ahmad Dhani Fokus Tagih Utang

4. Bolani (Afghanistan)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait