alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Geger Kabar Eks Simpatitas FPI Mau Bunuh Diri Massal Demi Habib Rizieq

Pebriansyah Ariefana Rabu, 14 April 2021 | 06:55 WIB

Geger Kabar Eks Simpatitas FPI Mau Bunuh Diri Massal Demi Habib Rizieq
Habib Rizieq emosi ke jaksa saat sidang. (Foto: Istimewa)

Kabar mantan simpatisan FPI mau bunuh diri massal dibagikan pengguna Facebook Emak Tong.

SuaraBali.id - Ada kabar mantan simpatisan FPI mau bunuh diri massal demi Habib Rizieq bebas penjara. kabar itu beredar dari sebuah postingan foto yang berisi narasi tersebut.

Kabar mantan simpatisan FPI mau bunuh diri massal dibagikan pengguna Facebook Emak Tong. Dalam unggahannya, ia menyertakan foto aksi demo sejumlah mantan anggota ormas yang telah dibubarkan pemerintah tersebut.

"Ciek..ciek .yg punya surga ampai segitunya!!! Fanatik bole gila jangan!!!! Sejak kapan Rizieq bs masukin ente ke surga???? Jangankan masuk surga nyium baunya surga aja kagak!!!! Ingat matinya jangan ngajak-ngajak org lain Makai bom!!! Cukup diri ente aja kalau mau mati!!!!!!!," tulis Emak Tong dalam narasi unggahannya.

Sementara dalam gambar yang ia bagikan, tertulis narasi 'Mantan anggota x fpi deklarasi. Bersumpah akan bunuh diri massal apabila HRS tidak dibebaskan'.

Baca Juga: Rizieq Jalani Sidang Kasus Swab Test Hari Ini, Bima Arya Jadi Saksi Jaksa

Berdasarkan hasil penelusuran fakta seperti dilansir dari situs Turnbackhoax.id, klaim dalam gambar yang dibagikan pengguna FB Emak Tong tersebut adalah tidak benar atau hoax.

Gambar serupa ditemukan dalam artikel Jpnn.com berjudul 'FPI Geruduk Kantor Tempo' yang diunggah pada 16 Maret 2018 silam.

Gambar itu diabadikan ketika massa FPI berdemo di Kantor Tempo, Jakarta Timur, Jakarta pada 16 Maret 2018.

Aksi demo tersebut dimaksudkan untuk memprotes karikatur yang dianggap menghina Ketua DPP FPI, Rizieq Shihab.

Berdasarkan fakta di atas, maka dapat disimpulkan bahwa klaim gambar yang menyebut eks FPI bersumpah bunuh diri massal jika HRS tidak dibebaskan merupakan hoaks.

Baca Juga: Pesan Ramadhan Habib Rizieq: Revolusi Akhlak dengan Cara Berakhlak, Takbir!

Faktanya, gambar tersebut merupakan aksi demo massa FPI yang memprotes karikatur media Tempo terkait Habib Rizieq Shihab.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait