facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Turis Bali Bisa ke Toraja Langsung, Turun di Bandara Toraja

Pebriansyah Ariefana Kamis, 18 Maret 2021 | 14:21 WIB

Turis Bali Bisa ke Toraja Langsung, Turun di Bandara Toraja
Jokowi resmikan Bandara Toraja. (Foto: Bidik layar video)

Jokowi berkunjung ke Sulawesi Selatan untuk meresmikan sejumlah infrastruktur dan meninjau vaksinasi massal.

SuaraBali.id - Turis Bali bisa ke Tana Toraja langsung. Tinggal turun di Bandara Toraja yang baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo.

Jokowi berkunjung ke Sulawesi Selatan untuk meresmikan sejumlah infrastruktur dan meninjau vaksinasi massal.

"Hampir setiap enam bulan selalu saya tanyakan kepada Menteri Perhubungan kapan bandara, kapan airport di Tana toraja ini selesai? Kok tidak rampung-rampung dan akhirnya hari ini bisa kita resmikan dan sudah beroperasi, kita patut bersyukur Alhamdulillah," kata Presiden Jokowi di Bandara Toraja, Sulawesi Selatan, Kamis (18/3/2021).

Turut mendampingi peresmian tersebut Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, dan pejabat terkait lainnya.

Baca Juga: Qodari: Tiga Periode Bukan Soal Jokowi, Tapi Jokowi - Prabowo 2024

"Saya tadi tanya Pak Menteri, habisnya berapa ini bandara? Rp800-an miliar karena harus memotong 3 bukit, tanah yang harus dibuang dari sana ada 6 juta meter kubik, bandara ini memang unik sekali memotong 3 bukit sehingga runway-nya bisa dibangun," tambah Presiden Jokowi.

Menurut Presiden, Bandara Toraja memiliki landas pacu sepanjang 2.000 meter.

"Dan kita tahu biasanya masyarakat di sini kalau lewat darat mau ke Makassar butuh waktu 9 jam, tadi Pak (Plt) Gubernur menyampaikan ke saya 9 jam, tadi saya coba dengan ATR 50 menit," ungkap Presiden Jokowi.

Dalam kunjungan kerjanya memang Pesawat Kepresidenan Indonesia 1 mendarat di pangkalan TNI AU Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros. Selanjutnya Presiden Jokowi dan rombongan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan pesawat khusus ATR 72-600 menuju Bandara Toraja.

"Artinya mobilitas orang, mobilitas barang akan ada kecepatan, dan kita harapkan dengan dibukanya Bandara di Tana Toraja ini nanti konektivitas akan semakin baik, pariwisata di sini saya meyakini akan berkembang," ungkap Presiden Jokowi.

Baca Juga: Tolak Holding, Karyawan dan Pekerja Pegadaian Kirim Surat ke Jokowi

Masyarakat yang berasal dari Makassar, Bali, Jakarta, maupun Bandung, menurut Presiden Jokowi, dapat langsung ke Tana Toraja menggunakan Bandara Toraja.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait