alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wisata Bali Akan Dibuka, Terapkan Free COVID Corridor

Pebriansyah Ariefana Senin, 01 Maret 2021 | 18:04 WIB

Wisata Bali Akan Dibuka, Terapkan Free COVID Corridor
Bandara I Gusti Ngurah Rai (bali-airport.com)

Pemerintah perlu berhati-hati untuk kemungkinan membuka kembali zona hijau di Pulau Dewata untuk bisa dimasuki wisatawan, termasuk wisatawan mancanegara (wisman).

SuaraBali.id - Wisata Bali akan dibuka dan berencana menerapkan Free COVID Corridor. Nantinya hanya beberapa kawasan Wisata Bali yang dibuka untuk wisatawan.

Hal ini diungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Sandiaga Uno menjelaskan program tersebut merupakan usulan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali dan kerap dibahas dalam berbagai kesempatan oleh pemerintah setempat.

"Kita mempersiapkan Free COVID Corridor di Bali dan beberapa destinasi lainnya," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam dialog daring bertajuk "Vaksinasi Datang, Pariwisata Gemilang", Senin (1/3/2021).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga mengaku telah berulang menajamkan rencana tersebut.

Baca Juga: Lakoni Uji Coba, Bali United Senang Bisa Bantu Timnas Indonesia U-23

Sandiaga Uno menyebut pemerintah perlu berhati-hati untuk kemungkinan membuka kembali zona hijau di Pulau Dewata untuk bisa dimasuki wisatawan, termasuk wisatawan mancanegara (wisman).

Sandiaga Uno menjelaskan rencana kawasan zona hijau yang dimaksud yaitu Nusa Dua dan Ubud dan kemungkinan bisa diperluas ke Nusa Penida dan beberapa lokasi lain sesuai arahan pemerintah setempat.

"Kita ingin kita semakin bersiap seiring dengan menurunnya angka COVID-19 khususnya di Bali. Kita menggagas agar zona hijau ini bisa mulai dibuka pariwisatanya untuk beberapa negara seperti China, Singapura dan negara lain," kata Sandiaga Uno.

Menparekraf itu juga mengaku banyak mengundang duta besar sejumlah negara untuk bertemu di Bali dan destinasi wisata lainnya untuk melihat kesiapan pemerintah untuk membuka destinasi pariwisata.

Namun, ia menegaskan rencana pembukaan pariwisata juga sangat tergantung pada upaya penanganan COVID-19 di Bali.

Baca Juga: Perkuat Timnas U-23, Kadek Agung Siap Uji Coba Kontra Timnya Bali United

"Ini kembali kepada kita. Jika angka (kasus) mudah-mudahan bisa double digit, jadi jangan lagi triple digit. Saya sudah lihat 7 hari ini Bali menunjukkan perbaikan yang cukup signifikan," kata Sandiaga Uno.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait