alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

2 Gebrakan Sandiaga Uno Bangkitkan Pariwisata saat Pandemi COVID-19

Pebriansyah Ariefana | Ummi Hadyah Saleh Rabu, 23 Desember 2020 | 09:30 WIB

2 Gebrakan Sandiaga Uno Bangkitkan Pariwisata saat Pandemi COVID-19
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12/2020). [Foto: Biro Pers Setpres]

Siap-siap sambut Sandiaga Uno perbaiki dunia wisata.

SuaraBali.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno siap bangkitkan pariwisata Indonesia meski pandemi COVID-19 belum berakhir. Sandiaga punya 2 gebrakan bangkitkan pariwisata Indonesia. 

Dalam video yang diunggah di Youtube Sekretariat Presiden, Sandiaga menegaskan akan menerapkan dua strategi untuk penguatan sektor pariwisata di Indonesia. 

Strategi yang pertama yakni strategi inovasi dengan menggunakan pendekatan big data. Ia mengungkapkan bahwa butuh pendekatan kekinian untuk memetakan potensi dan penguatan serta memastikan para pelaku sektor pariwisata. 

"Strategi inovasi dengan menggunakan teknologi menggunakan pendekatan pendekatan big data, pendekatan kekinian untuk memetakan baik dari segi potensi maupun penguatan dan memastikan para pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa bertahan, tapi bukan hanya survive but also thrive, bertahan dan menangkap peluang menjadi pemenang strategi inovasi," ujar Sandiaga. 

Baca Juga: Tiga Sosok Menteri Jokowi dalam Unggahan Foto Jadul Erick Thohir

Panji dan Sandiaga Uno berbincanga dalam salah satu video di YouTube. - (YouTube/SandiaUnoTV)
Panji dan Sandiaga Uno berbincanga dalam salah satu video di YouTube. - (YouTube/SandiaUnoTV)

Kemudian strategi kedua yang bisa diterapkan yakni strategi adaptasi.  Strategi tersebut kata Sandiaga dilakukan, karena sekarang ini menghadapi pandemi.

Sehingga harus mendahulukan kesehatan dan keselamatan di setiap destinasi pariwisata dan di setiap lini ekonomi kreatif. Salah satunya yakni dengan menerapkan  CHSE (Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan) dan kolaborasi.

"Kita akan berkolaborasi tentunya dengan semua pihak, seperti kementerian, lembaga, pemerintah pusat, pemerintah daerah dari pemerintah kabupaten, pemerintah kota hingga pemerintah provinsi, akademisi, universitas, maupun masyarakat dan dunia usaha, Kadin, HIPMI PHRI dan seluruh asosiasi yang tergabung dalam sektor yang teramat penting ini," ucap dia.

Ia berharap dirinya bisa memimpin Kementerian Parekraf yang lebih baik kedepannya.

"Semoga Allah SWT meridhoi dan memberikan kekuatan kita untuk keluar pandemi Covid-19 ini dan membangun sektor Parekraf yang lebih baik lagi kedepan," tutur dia.

Baca Juga: Sandiaga Uno akan Hadapi Tantangan Berat

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga juga menyampaikan terima kasih kepada Menteri Parekraf terdahulu.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait