Indeks Terpopuler News Lifestyle

Aksi Toleransi, Pecalang Turut Jaga Salat Id dan Penyembelihan Hewan Qurban

M Nurhadi Sabtu, 01 Agustus 2020 | 14:51 WIB

Aksi Toleransi, Pecalang Turut Jaga Salat Id dan Penyembelihan Hewan Qurban
Proses pemotongan daging kurban di Kantor DPW LDII Bali, Jumat (31/7/2020). (Antara/Ayu Khania Pranisitha/2020)

Simbol toleransi dan menjaga persaudaraan ukhuwah antar umat beragama di implementasikan setiap perayaan Hari Besar.

SuaraBali.id - Toleransi antar agama ditunjukkan oleh masyarakat Bali saat pelaksanaan HAri raya Idul Adha. Bersama aparat kepolisian dan TNI, satuan pengamanan desa adat atau Pecalang juga turut mengamankan jalannya pelaksanaan ibadah salat Idul Adha maupun pemotongan hewan qurban di Denpasar.

Sekitar pukul 06.00 wita di wantilan dan lapangan dusun pondok Purnawira, Desa Padang Sambian Klod Denpasar dilaksanakan salat idul Adha dan potong hewan kurban yang merupakan satu rangkaian acara Idul Adha, Jumat (31/7/2020).

Salat Idul Adha di Denpasar turut dijaga oleh Babinsa, Babinkamtibnas, serta prajuru desa adat atau pecalang. Pecalang merupakan salah satu perangkat keamanan desa adat di bali dalam membantu di perayaan perayaan umat Hindu umumnya.

Namun, pecalang juga turut membantu sebagai relawan yang menjaga umat islam agar lebih khusuk dalam ibadahnya. Simbol toleransi dan menjaga persaudaraan ukhuwah antar umat beragama di implementasikan setiap perayaan Hari Besar.

Dengan kondisi wabah COVID-19 saat ini, panitia menerapkan standar protokol ketat para jamaah sholat idul adha. Setiap jamaah diperiksa satu persatu suhu tubuh dan dipersilahkan cuci tangan serta diberi hand sanitizer sebelum memasuki ke areal peribadatan.

Panitia juga mewajibkan para jamaah untuk membawa kartu identitas warga Purnawira. Seperti dalam penjelasan salah satu panitia, panitia mengatakan, ibadah Idul Adha ini berbeda protap dan teknis pengaturan jamaah karena kondisi pandemi. Hanya warga Purnawira yang diizinkan mengikuti sholat Idul Adha di wantilan Purnawira.

"Semoga ke depan, kami bisa mengajak warga di luar Purnawira untuk bergabung seperti tahun tahun sebelumnya," ujar salah satu panitia, kepada kabarnusa.com (jaringan Suara.com).

Hal senada juga disampaikan Ketua Rukun Warga Muslim Pondok Purnawira Heddy, menurutnya Idul Adha tahun ini, umat muslim harus banyak bersyukur dan ikhlas, meskipun dilanda pandemi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait