Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ide Lomba 17 Agustus dari Permainan Tradisional, Mengisi Hari Kemerdekaan Dengan Meriah

Eviera Paramita Sandi Jum'at, 12 Agustus 2022 | 09:00 WIB

Ide Lomba 17 Agustus dari Permainan Tradisional, Mengisi Hari Kemerdekaan Dengan Meriah
Lomba 17 Agustus (Shutterstock)

Lomba 17 Agustus biasanya diadakan di antara rangkaian peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

SuaraBali.id - Momen Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus selalu menjadi perayaan di setiap daerah. Bukan hanya di tingkat pemerintahan, masyarakat di tiap daerah pun biasanya mengadakan berbagai acara seperti halnya lomba 17 Agustus.

Lomba 17 Agustus biasanya diadakan di antara rangkaian peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Sejak dulu, masyarakat telah akrab dengan lomba 17 an yang sederhana tapi meriah.

Permainan dalam lomba 17 Agustus tersebut baisanya tradisional. Lalu permainan tradisional apa saja yang bisa dijadikan materi lomba 17 Agustus 2022 nanti?

Inilah rekomendasi permainan tradisional untuk ide lomba 17 Agustus:

Baca Juga: Ide Lomba Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2022 Untuk Ibu-ibu Mulai Vlog Hingga Lomba Makeup

1. Layangan

Lomba layangan biasanya diadakan untuk lomba 17 Agustus. Pemain berkumpul di lapangan luas dan berangin, kemudian menerbangkan layangan. Setiap pemain dapat memodifikasi layangan menjadi berbagai bentuk. Layangan membutuhkan kekuatan angin untuk menerbangkan.

2. Gasing

Ide lomba 17 Agustus yang bisa diadakan untuk permainan tradisional adalah gasing. Gasing adalah mainan tradisional berbentuk bulat mengerucut. Mainan ini bisa berputar pada poros bawah yang seimbang dengan satu titik. Gasing terbuat dari kayu yang dibentuk lingkaran, lonjong, silinder, dan kerucut. Gasing terdiri dari bagian kepala, bagian badan, dan kaki. Ada juga tali penarik yang dililitkan bagian atas. Tali tersebut kemudian ditarik sampai gasing terlepas dan berputar cepat pada porosnya.

3. Boi-Boian

Baca Juga: Lirik Lagu 17 Agustus Hari Kemerdekaan RI Lengkap Dengan Not Pianika

Boi-boian merupakan permainan tradisional. Permainan ini dilakukan 5 sampai 10 anak. Alat yang dibutuhkan adalah lempengan batu, atau pecahan genting, dan bola kasti. Sebelum bermain, anak-anak menyusun pecahan genting cukup tinggi. Kemudian salah setiap pemain bergantian melempar tumpukan genting menggunakan bola kecil sampai roboh. Setelah pecahan genting roboh, penjaga mengambil bola kecil lalu melemparkan ke anggota lain. Para pemain yang terkena bola harus bergantian menjadi penjaga lempengan genting. Tugas penjaga lempengan ini harus melempar bola hingga mengenai pemain lain. Sedangkan pemain yang tidak terkena lempengengan batu bergantian melempar bola ke arah tumpukan batu.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait