facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Seperangkat Gamelan di Mengwi Bali Hilang, Ternyata Dicuri Warga Sendiri

Eviera Paramita Sandi Kamis, 20 Januari 2022 | 19:53 WIB

Seperangkat Gamelan di Mengwi Bali Hilang, Ternyata Dicuri Warga Sendiri
De Tablet (33). Pria kelahiran 12 Agustus 1989 yang diringkus di rumahnya pada Senin 17 Januari 2022 karena pencurian gamelan, [Foto : istimewa/beritabali,com]

Pria kelahiran 12 Agustus 1989 yang diringkus di rumahnya pada Senin 17 Januari 2022.

SuaraBali.id - Gamelan yang disimpan di Gedong Wastra Pura Dalem Gegelang Banjar Perang Desa Lukluk, Kecamatan Mengwi, Badung, Bali raib digondol maling, pada Minggu (2/1/2022) pukul 16.00 WITA. Setelah diselidiki ternyata seperangkat gamelan tersebut dicuri oleh warga yang tinggal di daerah tersebut.

Tim Opsnal Reskrim Polsek Mengwi berhasil mengungkap pelakunya, yakni Wayan Sucamerta alias De Tablet (33). Pria kelahiran 12 Agustus 1989 yang diringkus di rumahnya pada Senin 17 Januari 2022.

Hilangnya alat-alat gong tersebut dilaporkan oleh I Made Risma Arta Gunawan, warga setempat. Pelapor mengatakan sekitar Bulan November 2021 lalu, bersama Sekaa Gong melaksanakan kegiatan bersih-bersih di areal Pura Dalem Gegelang untuk persiapan ngratep sesuhunan di pura.

Seusai kegiatan, seperangkat gamelan tersebut dikembalikan tempat semula yakni di gudang Balai Wastra di areal timur areal pura. Namun kemudian, pada Minggu 2 Januari 2022 sekitar pukul 16.00 WITA, pihak pemuda banjar setempat mengeluarkan gamelan dalam rangka persiapan piodalan di Pura Dalem Gegelang.

Saat dikeluarkan, gamelan tersebut berupa 1 buah Gangsa yang terbuat dari perunggu, 1 tungguh gangsa, 5 buah reong dan 1 buah terompong sudah hilang. Atas kejadian itu pihak Banjar melaporkannya ke Polsek Mengwi untuk minta diusut.

"Pihak banjar setempat mengalami kerugian Rp 21 juta dari hilangnya seperangkat gamelan," ujar Kompol Darsana, Kamis 20 Januari 2022 sebagaimana diwartakan beritabali.com – Jaringan Suara.com.

Penyelidikan dipimpin oleh Kanitreskrim Iptu I Made Galih Artawiguna, pencuri diketahui masuk melalui pintu yang tidak terkunci pada malam hari. Sementara dari hasil keterangan para saksi-saksi, pelaku mengarah kepada seorang laki-laki yang akrab dipanggil De Tablet.

Pemuda tersebut tinggal tak jauh dari TKP. Tim Opsnal Reskrim kemudian bergerak cepat mengejar pelaku dan meringkus di rumahnya di Banjar Perang Desa Lukluk Mengwi Badung, pada Senin 17 Januari 2022.

Tersangka De Tablet mengakui telah mencuri perangkat gamelan berupa 1 buah gong, 1 buah gangsa ,dan 5 buah reong dan 1 terompong di TKP.

"Ia mengakui perbuatanya mencuri seperangkat gamelan secara bertahap. Dia beraksi seorang diri," ungkapnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar

Berita Terkait