facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wisata Jawa Tengah, 6 Rekomendasi Wisata Bertema Alam

Pebriansyah Ariefana Senin, 06 Desember 2021 | 16:38 WIB

Wisata Jawa Tengah, 6 Rekomendasi Wisata Bertema Alam
Pemandangan malam Gunung Prau. (Instagram/@anggi.maisarah)

Ada segudang destinasi wisata yang ada di Provinsi Jawa Tengah, mulai dari yang bertema alam hingga kekinian.

SuaraBali.id - Wisata Jawa Tengah ada begitu banyak jumlahnya. Membuat pengunjung merasa tidak rugi apabila mendatanginya. Ada segudang destinasi wisata yang ada di Provinsi Jawa Tengah, mulai dari yang bertema alam hingga kekinian.

Melansir dari YouTube Chanel Wisata Gowes Kuliner, ada 6 rekomendasi wisata alam terbaik yang ada di Provinsi Jawa Tengah, berikut ini ulasanya:

1. Gunung Prau

Pemandangan indah puncak gunung Prau Dieng, Jawa Tengah, dan para pendaki yang berkemah. (Shutterstock)
Pemandangan indah puncak gunung Prau Dieng, Jawa Tengah, dan para pendaki yang berkemah. (Shutterstock)

Gunung ini terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah, Indonesia. Di tempat ini menawarkan keindahan alam. Serta bisa digunakan untuk pendakian.

Baca Juga: Sejarah Kabupaten Ponorogo, Kota Reog Mempunyai Banyak Pesantren

Tarif untuk masuk di tempat ini adalah Rp25.000. Biaya parkir motor Rp10.000 dan Biaya parkir mobil adalah Rp.20.000.

2. Gunung Andong

Potret keindahan Gunung Andong. (Instagram/@aniklakka)
Potret keindahan Gunung Andong. (Instagram/@aniklakka)

Merupakan gunung favorit bagi kaula untuk yang mempunyai hobi camping dan aktivitas pendakian. Gunung ini terletak di 3 perbatasan, yakni Semarang, Magelang, dan Salatiga. Tiket masuk Gunung Andong Rp20.000 untuk pendakian satu orang, sekaligus biaya parkir motor.

3. Dieng

Suasana kompleks Candi Arjuna tampak dari ketinggian di Dataran Tinggi Dieng, Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa (23/11/2021).  ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Suasana kompleks Candi Arjuna tampak dari ketinggian di Dataran Tinggi Dieng, Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Selasa (23/11/2021). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Secara administratif Dataran Tinggi Dieng terletak di 2 Kabupaten, yakni Wonosobo dan Banjarnegara. Di sini terdapat 5 wisata hits, diantaranya, telaga warna Dieng, Kawah Sikidang, Bukit Sikunir Golden Sunrise, Gardu Pandang Tieng, dan Museum Kailasa.

Baca Juga: 6 Makanan Khas Jawa Tengah, Pelengkap Saat Berkunjung ke Jawa Tengah

4. Gunung Telomoyo

Adalah gunung yang terletak di wilayah Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian 1.894 m dpl dan merupakan gunung api yang berbentuk strato (kerucut) tetapi belum pernah tercatat meletus. Aktivitas yang bisa dilakukan di sini adalah dengan melakukan pendakian dan menikmati panoramanya.

5. Temanggung

Temanggung adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. beberapa tempat wisata yang ada di Temanggung, diantanya adalah wisata alam posong, jumprit, embung kledung, embung tlogopucung, dan curug lawe.

6. Gunung Sumbing Kaliangkrek

Merupakan sebuah gunung yang terletak di Desa Butuh, Temanggung. Gunung Sumbing memiliki ketinggian 3.371 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan dijuluki sebagai titik tertinggi kedua di Provinsi Jawa Tengah setelah Gunung Slamet. Aktivitas wisata yang bisa dilakukan di sini adalah pendakian.

Demikianlah wisata Jawa Tengah yang bertema alam.

Kontributor : Agung Kurniawan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait