alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

10 Daftar Makana Khas Lombok: Plecing Kangkung, Sayur Ares Hingga Sate Pusut

Pebriansyah Ariefana Rabu, 17 November 2021 | 09:53 WIB

10 Daftar Makana Khas Lombok: Plecing Kangkung, Sayur Ares Hingga Sate Pusut
Ayam Taliwang khas Lombok ala Hotel Mercure Cikini. (Suara.com/Risna Halidi)

Tidak hanya itu makanan khas Lombok pun banyak diburu oleh pencinta kuliner.

SuaraBali.id - Daftar makanan khas Lombok yang wajib dicoba. Terkenal dengan keindahan alam pantainya yang mempesona membuat Lombok banyak dikunjungi wisatawan. Tidak hanya itu makanan khas Lombok pun banyak diburu oleh pencinta kuliner.

Kebanyakan masakannya diwarnai bumbu rempah dengan rasa lumayan tajam. Tak jarang memanfaatkan hasil laut seperti ikan, udang, kerang dan lainnya.

Setiap kawasan di Lombok memiliki ciri khas kuliner tersendiri, seperti makanan khas Lombok Timur misalnya. Berikut ini daftar makanan khas Lombok yang wajib untuk dicoba.

1. Plecing Kangkung

Baca Juga: 10 Makanan Khas Indonesia Terkenal Sampai Luar Negeri

Resep Plecing Kangkung. (Instagram/@susi.agung)
Resep Plecing Kangkung. (Instagram/@susi.agung)

Salah satu maakanan khas Lombok yang tidak boleh dilewatkan adalah plecing kangkung. Plecing kangkung terbuat dari kangkung yang direbus, disajikan dingin, dengan sesendok sambal spesial sebagai pelengkap.

Selain itu biasanya plecing kangkung juga ditemani sayuran lain seperti tauge, buncis, dan kelapa parut.

2. Ayam Taliwang

Sajian makanan khas Lombok, ayam taliwang di Hotel Santika Premiere ICE - BSD City. (Dok Hotel Santika Premiere ICE - BSD City_
Sajian makanan khas Lombok, ayam taliwang di Hotel Santika Premiere ICE - BSD City. (Dok Hotel Santika Premiere ICE - BSD City_

Ayam taliwang yang sudah terkenal diberbagai daerah merupakan makanan khas Lombok. Jika berkunjung ke Lombok, akan sangat mudah menemui menu masakan ini. Karena hampir semua restorana menyajikan ayam taliwang sebagau hidangannya.

Ayam taliwang terkenal akan cita rasanya yang gurih dan pedas. Ayam taliwang memiliki beberapa pilihan penyajian, seperti ayam taliwang pedas manis, sambal lima, plecingan dan lain sebagainya.

Baca Juga: Kenali Posisi Tidur Yang Baik untuk Ibu Hamil, Hindari 2 Posisi Ini

3. Sayur Ares

Sayur ares merupakan sayuran khas Lombok yang berbahan dasar ares atau pelepah pisang yang masih muda. Pelepah pisang yang sudah dipilih kemudian diolah menjadi sayur yang disajikan dengan kuah santan.

Sayur ares memiliki cita rasa yang gurih dan sedikit menyerupai kari khas Indonesia. Pada zaman dahulu, sayur ares merupakan makanan tradisional Suku Sasak ( suku mayoritas di Lombok) yang dijadikan sebagai hidangan saat acara tertentu seperti acara pernikahan.

4. Beberuk Terong

Makanan khas Lombok selanjutnya adalah beberuk terong. Makanan ini memiliki cita rasa pedas, manis dan menyegarkan. Biasnya dijadikan lauk pendamping nasi.

Beberuk terong dibuat dari terong gelatik yang mempunyai tekstur renyah dan rasa yang langu. Makanan ini menjadi menu favorit penduduk.

5. Sate Pusut

Sate pusut memiliki tampilan yang mirip dengan sate lilit Bali. Namun terdapat perbedaan antara keduanya. Perbedaan sate lilit dan sate pusut terletak pada bumbu yang digunakan. Jika pada sate lilit khas Bali menggunakan santan kelapa, sate pusut tidak.

Sate pusut merupakan makanan khas Lombok yang terbuat dari daging sapi ataupun daging ikan laut. Tetapi masyarakat Lombok lebih sering menggunakan ikan tenggiri.

6. Ayam Rarang

Ayam rarang merupakan makanan khas lombok yang bercita rasa pedas dan gurih. Makanan yang satu ini tidak boleh dilewatkan jika berkunjung ke Lombok.

Ayam rarang berupa ayam kampung yang digoreng terlebih dahulu lalu disajikan dengan baluran sambal khas Lombok. Meskipun makanan ini pedas, namun tingkat kepedasannya masih di bawah ayam taliwang.

7. Poteng Jaje Pujak

Berbeda dari menu sebelumnya, makanan khas Lombok yang satu ini memiliki cita rasa yang manis. Poteng jaje tujak dalam bahasa Indonesia berarti tape jajan tumbuk, merupakan makanan yang disajikan saat hari raya idul fitri.

Pembuatan tape ini terbilang cukup unik. Pasalnya yang boleh membut hanya orang yang dalam keadaan suci atau tidak sedang datang bulan karena dapat membuat poteng jaje tujak dianggap “rusak”.

8. Sate Tanjung

Berbeda dari sate pusut, sate tanjung berbahan dasar dari ikan Cakalang. Sebelum dibakar sate diberi bumbu khas lombok yang kaya akan rempah-rempahnya.

Sehingga sate ini memiliki cita rasa yang gurih dan lezat. Sate Tanjung biasanya dinikmati selagi masih panas dan didampingi dengan lontong atau nasi.

9. Nasi Balap

Nasi balap merupakan makanan berat yang memiliki ciri khas masakan Lombok yaitu cita rasanya yang pedas. Nasi balap adalah hidangan nasi putih pada umumnya yang disajikan bersama suwiran ayam berbumbu pedas, kering kentang, kacang kedelai goreng, dan telur.

Rasa pedas yang dihasilkan berasal dari ayamnya. Sedangkan kehadiran kentang kering menciptakan cita rasa gurih.

10. Bantal

Bantal merupakan kue khas Lombok yang biasanya dimakan saat berbuka puasa. Bahan utama makanan ini adalah ketan yang ditambahi pisang dan kemudian dibungkus untuk direbus ke dalam panci berisikan air panas.

Jajanan tradisional ini dinamai bantal karena mempunyai bentuk yang mirip dengan bantal tidur.

Itulah daftar makanan khas Lombok yang wajib untuk dicoba.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait