alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Warga Desa Ababi Karangasem Bali Antusias, 3 Kg Sampah Ditukar 1 Kg Beras

RR Ukirsari Manggalani Senin, 24 Mei 2021 | 18:57 WIB

Warga Desa Ababi Karangasem Bali Antusias, 3 Kg Sampah Ditukar 1 Kg Beras
[BeritaBali.com]

Di tengah situasi pandemi, penawaran ini mendapatkan sambutan hangat.

SuaraBali.id - Warga di Desa Ababi, Kecamatan Abang, Karangasem, Bali mendapatkan penawaran untuk menukarkan 3 kg sampah plastik dengan 1 kg beras. Tentu saja disambut sangat antusias apalagi di tengah lesunya perekonomian sebagai dampak pandemi Covid-19.

Dikutip dari BeritaBali.com, jaringan SuaraBali.id, program yang bermuara langsung terhadap kesehatan lingkungan tersebut ditawarkan oleh Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Nadhi Utama Desa Ababi bekerja sama dengan pihak Desa Adat serta pihak ke Desa setempat.

"Ya, kami memiliki program tukar sampah plastik dengan beras. Tempatnya di areal Objek Wisata Maha Gangga Valley, Desa Ababi, kegiatan ini kami laksanakan selama dua hari, mulai Sabtu kemarin dan hari ini," ujar Ketua Pokdarwis Nadhi Utama, I Kadek Adiyasa pada Minggu (23/05/2021).

Ia mengungkapkan, antusiasme warga yang menukarkan sampah pastik cukup tinggi, sejak dimulai hingga hari kedua kemarin pihaknya sudah menukar sebanyak 1 ton sampah dengan beras. Untuk penukarannya sendiri, 1 kg beras ditukar 3 kg sampah plastik.

Baca Juga: Ini Penyebab Listrik di Sidemen Karangasem Bali Padam

Nantinya, sampah plastik yang sudah terkumpul akan serahkan kepada salah satu komunitas peduli lingkungan yang bermarkas di wilayah Kabupaten Gianyar bernama The Plastic Exchange untuk diolah kembali.

Untuk beras yang ditukarkan sendiri seluruhnya bersumber dari para donatur, serta partisipan seperti Komunitas peduli sosial, Eastribution, dan komunitas peduli lingkungan lainnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait