alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wisata Bali: Komunitas Bersihkan Destinasi Pantai Yeh Gangga

RR Ukirsari Manggalani Selasa, 06 April 2021 | 14:51 WIB

Wisata Bali: Komunitas Bersihkan Destinasi Pantai Yeh Gangga
Persiapan menyambut dibukanya pariwisata Bali: membersihkan sampah [BeritaBali.com].

Jaga kesiapan destinasi wisata, ini yang dilakukan oleh komunitas di Pulau Dewata.

SuaraBali.id - Paruh tahun ini, pariwisata Bali rencananya akan dibuka untuk kunjungan wisatawan domestik. Tak heran, bila persiapan terus dilakukan. Utamanya di sektor pemeliharaan dan penataan destinasi yang akan dikunjungi tamu.

Dikutip dari BeritaBali.com, jaringan SuaraBali.id, selain menerapkan protokol kesehatan, penataan serta pemeliharaan lokasi wisata juga dilakukan. Contohnya adalah komunitas peduli sampah Trash Hero di Pantai Yeh Gangga pada Sabtu, (3/4/2021).

Komunitas ini melakukan pemungutan sampah plastik yang terbawa oleh ombak maupun dari sungai.

"Sehingga saat pariwisata dibuka, wisatawan sudah bisa melihat pantai yang bersih," jelas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tabanan, I Nyoman Subagia yang ikut melakukan aksi bersih-bersih pantai.

Baca Juga: Komunitas Otomotif AvanzaXenia Indonesia Club Rayakan Hari Jadi

Ia menyebutkan, selain menjaga kawasan hilir pola penanganan sampah, bagian hulu bisa dimulai dari rumah tangga.

"Ini merupakan pola penanganan sampah berbasis sumber," imbuhnya.

Jika hal ini tidak dilakukan, lanjut I Nyoman Subagia, akan sangat sulit menjaga lingkungan dari sampah plastik. Karena sampah jenis ini paling besar berasal dari rumah tangga.

"Inilah pentingnya melibatkan komunitas atau masyarakat sekitar," urai I Nyoman Subagia.

Dan Bendesa Adat Yeh Gangga, I Ketut Dolia berharap ada bantuan dari pemerintah daerah terutama alat berat untuk penanganan sampah di pantai. Ia menyebutkan saat ini masyarakatnya sudah membuang sampah dengan tertib.

Baca Juga: Wisata Bali: Wabah Desa Kapal Tertulis di Manuskrip Daun Lontar Babad Gumi

"Kami buang ke TPA. Sampah di pantai ini bersumber dari dalam atau dari sungai yang dibawa dari wilayah hulu," ungkap I Ketutu Dolia.

Sedangkan perwakilan dari Trash Hero Indonesia, Wayan Aksara menyebutkan, acara membersihkan pantai ini bagian dari peresmian chapter atau cabang Trash Hero Indonesia Chapter Yeh Gangga.

"Harapannya ke depan, chapter Yeh Gangga bisa berkomunikasi dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk tetap menjaga lingkungan," tutupnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait