alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Berapa Usia Paling Awal Remaja Lakukan Perawatan Kulit? Ini Jawaban Dokter

M. Reza Sulaiman | Lilis Varwati Minggu, 24 Januari 2021 | 22:17 WIB

Berapa Usia Paling Awal Remaja Lakukan Perawatan Kulit? Ini Jawaban Dokter
Jerawat di dagu. (Pixabay/Kjerstin Michaela Noomi Sakura Gihle Martinsen Haraldsen)

Dokter kulit menjawab pertanyaan tentang usia termuda untuk melakukan perawatan kulit wajah. Berapa tahun?

SuaraBali.id - Dokter kulit menjawab pertanyaan tentang usia termuda untuk melakukan perawatan kulit wajah. Berapa tahun?

"Umur berapa pun sebetulnya enggak masalah, tergantung dari masalah kulitnya. Umur termuda berjerawat kira-kira usia sembilan tahun. Jadi umur sembilan tahun boleh perawatan sesuai dengan kelaianan yang dialami," kata dokter spesialis kulit dan kelamin Dr. dr. Raendi Rayendra Sk.KK., M.Kes ditemui di kliniknya, Rayendra Dermayology & Aesthetic Center, Bintaro, Tangerang, Sabtu (23/1/2021).

Ia menyampaikan, memilih krim malam sebaiknya jangan yang bertekstur lengket. Menurutnya, anggapan krim malam jika semakin lengket sebanding dengan kualitas makin bagus justru hoaks.

Sehingga perawatan itu juga bisa diberikan kepada anak-anak dengan masalah kulit wajah tertentu.

Baca Juga: Krim Kolagen VS Suplemen Oral, Mana yang Lebih Efektif Cegah Penuaan?

Sedangkan perawatan wajah lainnya seperti pemakaian serum dan eksfoaliating memang hanya disarankan untuk orang dewasa di atas 20 tahun.

"Kalau berkaitan dengan orang kulit normal, beberapa mulai perawatan bisa menggunakan serum atau eksfoliatif itu di atas 20 tahun, seiring dengan berkurangnya jumlah kolagen dalam tubuh terutama wanita," ujarnya.

Pemakaian produk perawatan itu juga harus disesuaikan dengan masalah kulit yang terjadi dan tidak asal pakai. Dokter Raendi menyampaikan bahwa kondisi kulit laki-laki dan perempuan berbeda. Salah satunya dalam produksi kolagen dalam tubuh.

Ia mengatakan bahwa penurunan produksi kolagen pada laki-laki lebih cepat terjadi dibandingkan perempuan. Sehingga tansa penuaan juga lebih cepat datang.

"Kalau laki-laki di atas 20 tahun, perempuan di atas 25 tahun. Kolagen sudah mulai turun maka muncul tanda penuaan," katanya.

Baca Juga: Waspada, Tidak Semua Tren Skincare Itu Aman lho!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait