alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ketahui Penyebab Selulit dan Cara Memudarkan Tampilannya

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana Selasa, 19 Januari 2021 | 16:08 WIB

Ketahui Penyebab Selulit dan Cara Memudarkan Tampilannya
Perbedaan stretch mark dan selulit (Freepik)

Selulit membuat banyak orang tak percaya diri, terlebih pada wanita.

SuaraBali.id - Selulit adalah bagian tubuh normal dan tidak menimbulkan masalah serius pada kesehatan. Sayangnya banyak orang yang tak percaya diri dengan kehadiran selulit meski kecantikan tidak ditentukan dari selulit.

Selulit sendiri terjadi saat lemak mendorong ke atas permukaan melalui pita fibrosa yang menghubungkan kulit ke otot. Jaringan fibrosa menarik kulit masuk dan menyebabkan tampilan yang menggumpal seperti selulit.

"Selulit paling sering muncul di paha, bokong, dan terkadang perut yang lebih banyak terjadi pada perempuan daripada pria," kata Alicia Little, MD, PhD, asisten profesor dermatologi di Yale University School of Medicine seperti yang dikutip dari Insider.

Melansir dari Insider, studi menunjukkan bahwa selulit ditemukan pada 80 hingga 90 persen perempuan yang telah melewati masa pubertas. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa fakta soal selulit.

Baca Juga: Mau Hilangkan Stretch Mark, Ibu Ini Berujung Tewas karena Jantung Meledak

Bisakah selulit benar-benar hilang?

Tidak ada cara untuk sepenuhnya menghilangkan selulit, beberapa perawatan hanya mengurangi kemunculannya untuk sementara atau menyamarkannya saja.

"Tujuan dari perawatan tersebut adalah untuk memperbaiki penampilan selulit, tetapi tidak sepenuhnya menghilangkannya," kata Little.

Ilustrasi perempuan memiliki selulit (Shutterstock)
Ilustrasi perempuan memiliki selulit (Shutterstock)

Apa yang memengaruhi kemunculan selulit?

Gen bersama dengan faktor lain dapat menentukan kemungkinan munculnya selulit.

Baca Juga: Potret Influencer Seksi Pamer Selulit, Timbunan Lemak Tak Dianggap Aib

"Genetika berperan dalam menentukan siapa yang akan mengembangkan selulit. Kita sering melihat bahwa selulit diturunkan dalam keluarga," kata Anne Chapas, MD, pendiri dan direktur medis Union Square Laser Dermatology.

"Berat badan ekstra juga dapat membuat selulit lebih terlihat, jadi memiliki berat badan yang sehat dapat mengurangi jumlah selulit yang terlihat," kata Little. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait