alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

3 Daerah di Bali Ini Terima Vaksin Covid-19 Tahap Pertama

Husna Rahmayunita Selasa, 12 Januari 2021 | 17:33 WIB

3 Daerah di Bali Ini  Terima Vaksin Covid-19 Tahap Pertama
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Elements Envato)

Vaksin Covid-19 dibagikan hari ini.

SuaraBali.id - Vaksin Covid-19 tahap pertama mulai didistribusikan oleh Pemerintah Provinsi Bali pada Selasa (12/1/2021).

Setidaknya ada tiga daerah di Bali yang menerimanya. Sementara daerah lain akan menerima vaksin Covid-19 Sinovac secara bertahap.

Pemprov Bali mendistribusikan vaksin Covid-19 Sinovac yang disimpan di "cold room" Dinas Kesehatan provinsi setempat.

Pembagian vaksin Covid-19 ini dikawal ketat dari pihak kepolisian. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr Ketut Suarjaya

Baca Juga: Kenapa Suntik Vaksin Covid-19 Harus di Lengan Kiri ? Ini Alasannya

"Ya vaksin didistribusikan mulai hari ini," ujarnya saat dikonfirmasi Antara.

Suarjaya menambahkan, untuk "kick off" vaksinasi di Bali akan dilaksanakan pada Kamis (14/1) di Rumah Sakit Bali Mandara (RSBM), Kota Denpasar yang akan diikuti oleh Gubernur Bali Wayan Koster.

Vaksin Sinovac yang didistribusikan ke tiga daerah di Bali pada Selasa ini yakni untuk Kota Denpasar sebanyak 12.032 vial, kemudian Kabupaten Badung sebanyak 4.231 vial dan untuk Kabupaten Gianyar sebanyak 8.480 vial vaksin.

Petugas Bio Farma melakukan bongkar muat vaksin COVID-19 Sinovac setibanya di Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Kamis (7/1/2021).  [ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja]
Petugas Bio Farma melakukan bongkar muat vaksin COVID-19 Sinovac setibanya di Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Kamis (7/1/2021). [ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja]

Sedangkan untuk enam kabupaten lainnya di Bali, distribusi vaksin Sinovac akan dilanjutkan secara bertahap pada Rabu (13/1), juga melalui pengawalan yang ketat dari aparat kepolisian.

Sebelumnya Bali sudah menerima dua kali pengiriman vaksin dari Biofarma yakni tahap pertama sebanyak 31 ribu vial, kemudian tahap kedua sebanyak 20 ribu vial.

Baca Juga: Pemkot Balikpapan Pertimbangkan Penerapan PPKM Seperti di Jawa-Bali

Vaksin Sinovac yang telah diterima akan diprioritaskan diberikan kepada tenaga kesehatan di seluruh Bali sebanyak 30.320 orang.

Selain untuk tenaga kesehatan, vaksin juga akan diberikan kepada para pejabat yang masuk di kelompok satu yakni Gubernur Bali, Pangdam IX/Udayana, Kapolda Bali, dan Bupati/Wali Kota.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar Anak Agung Anom Sukamawa mengatakan 8.480 vial vaksin Sinovac yang telah diterima akan didistribusikan pada 16 fasilitas pelayanan kesehatan di daerah itu.

"Dari 16 fasilitas pelayanan kesehatan di Gianyar, ada 13 puskesmas dan tiga rumah sakit yaitu RS Sanjiwani, RS Payangan dan RS Ganesha," ucapnya.

Lebih lanjuta, Sukamawa mengatakan tenaga medis di Kabupaten Gianyar sudah siap untuk divaksinasi dan untuk satu fasilitas kesehatan sudah disiapkan empat vaksinator.

Pihaknya menargetkan proses vaksinasi untuk tenaga kesehatan di Kabupaten Gianyar dapat dirampungkan dalam bulan Januari hingga Februari 2021 ini.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait