alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

10 Manfaat Push Up Untuk Tubuh, Bukan Cuma Bikin Otot Kekar!

M. Reza Sulaiman Rabu, 30 Desember 2020 | 14:55 WIB

10 Manfaat Push Up Untuk Tubuh, Bukan Cuma Bikin Otot Kekar!
Ilustrasi olahraga push up. (Shutterstock)

Push selain olahraga yang baik untuk membentuk otot, rupanya juga memiliki segudang manfaat lainnya untuk tubuh loh. Apa saja?

SuaraBali.id - Push selain olahraga yang baik untuk membentuk otot, rupanya juga memiliki segudang manfaat lainnya untuk tubuh loh. Apa saja?

Push up memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Biasanya seseorang yang sering melakukan push up akan menghasilkan otot kencang dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, push up juga dapat memahami kekuatan tubuh seseorang. Untuk itu, di bawah ini terdapat manfaat push up.

1. Meningkatkan kekuatan fungsional melalui aktivasi seluruh tubuh

Saat melakukan push up semua otot dalam tubuh akan terpanggil untuk melakukan gerakan.  Kelompok otot utama, seperti bisep, otot inti, trisep, deltoid anterior, dan kelompok otot tubuh bagian bawah diaktifkan untuk menopang tubuh Anda sambil menstabilkan gerakan.

Baca Juga: Heboh Polisi Naik Pelaminan, Beri Hukuman Push-up ke Pengantin Pria

Banyaknya jumlah otot yang digunakan, akan membentuk dan meningkatkan kekuatan fungsional seluruh tubuh. Hal itulah berguna untuk melatih otot-oto pada tubuh.

2. Peregangan otot untuk kesehatan dan vitalitas

Salah satu manfaat push up yaitu peregangan otot yang diberikan otot bisep dan punggung. Saat seseorang menurunkan diri ke lantai, otot punggungnya secara efektif diregangkan, dan saat mendorongnya ke posisi awal, bisep akan meregang penuh.

3. Meningkatkan sistem kardiovaskular

Sebab push up merupakan gabungan latihan banyak otot pada tubuh, secara bersamaan jantung akan bekerja lebih terasa untuk mengirimkan darah yang kaya oksigen ke jaringan otot. Hal ini akan menghasilkan latihan kardiovaskular yang efektif sehingga mendukung kesehatan jantung dan pengurangan lemak tubuh.

Baca Juga: Gelar Patroli PSBB, TNI Hukum Warga yang Tak Pakai Masker Push-up

4. Meningkatkan definisi otot seluruh tubuh

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait