alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ruam Kulit Bikin Ketiak Gatal? Ini 7 Cara Mengatasinya

M. Reza Sulaiman Senin, 28 Desember 2020 | 11:15 WIB

Ruam Kulit Bikin Ketiak Gatal? Ini 7 Cara Mengatasinya
Ilustrasi ketiak gatal. (Shutterstock)

Ketiak gatal bisa disebabkan oleh ruam kulit. Agar masalah kesehatan ini tak mengganggu keseharian Anda, simak 7 cara mengatasinya berikut ini.

SuaraBali.id - Ketiak gatal bisa disebabkan oleh ruam kulit. Agar masalah kesehatan ini tak mengganggu keseharian Anda, simak 7 cara mengatasinya berikut ini.

Untuk itu, simak cara mengatasi ketiak gatal karena ruam kulit berikut ini, dilansir Hello Sehat.

1. Kompres es batu

Salah satu penyebab umum ruam pada ketiak adalah iritasi. Nah, tentu saja iritasi ini membuat Anda terus menggaruk ketiak. Selain harus menahan diri untuk menggaruk, tentunya Anda bisa meletakkan es batu pada daerah yang terkena ruam.

Baca Juga: Ruam Kulit Dewi Persik Saat Covid-19 Akibat Varian Baru Virus Corona?

Es batu tentunya bisa menimbulkan sensasi dingin dan meringankan rasa gatal. Cara mengatasi ruam merah ini mudah kok, cukup membungkus es batu dengan kain dan letakkan di ketiak Anda. Diamkan selama beberapa menit dan lakukan beberapa kali dalam sehari.

Jika es batu bisa menghentikan rasa gatal, ruam pada ketiak pun akan hilang dengan sendirinya.

2. Makan vitamin C

Makanan yang mengandung vitamin C tinggi dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda untuk melawan infeksi penyebab ruam pada ketiak Anda. Usahakan untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayur, seperti:

  • Jeruk
  • Brokoli
  • Tomat
  • Kiwi

3. Hindari pakaian ketat

Baca Juga: Ivan Gunawan Cemas Wajah Dewi Perssik Merah Akibat Covid-19

Ternyata, ruam merah pada ketiak juga bisa disebabkan oleh gesekan kulit dari pakaian Anda. Entah itu baju Anda yang tidak cocok ukurannya, sehingga ketika berkeringat, ketiaknya yang basah sering bergesekan dengan pakaian.

Nah, pertama-tama ketika Anda sudah merasakan gatal dan terdapat ruam pada ketiak, usahakan untuk memakai pakaian yang longgar untuk sementara waktu. Hal ini bertujuan untuk mengurangi gesekan antara ketiak yang lembab dengan pakaian Anda.

4. Jangan panas-panasan

Penyebab umum iritasi dan timbul ruam pada ketiak lainnya adalah keringat. Nah, keringat dapat dihasilkan dari aktivitas fisik yang berlebihan di tengah panasnya matahari.

Oleh karena itu, usahakan untuk menghindari sinar matahari agar ketiak Anda tidak basah. Jika diperlukan, gunakan payung ketika sedang berada di luar.

5. Mandi air hangat

Ingat, bukan air panas. Upayakan untuk mengatur suhu air Anda ke arah yang lebih hangat. Mandi dengan air yang terlalu panas bisa mengiritasi kulit, sehingga lebih baik memakai air hangat untuk membuat kulit tetap lembab.

Jika ruam merah di ketiak Anda tidak kunjung sembuh setelah melakukan tips di atas, cobalah untuk menggunakan beberapa pengobatan untuk iritasi kulit.

6. Ganti deodoran

Ruam merah pada ketiak ternyata juga bisa disebabkan oleh produk deodoran, loh. Mungkin saja pada deodoran yang Anda pakai sekarang memiliki kandungan yang menimbulkan reaksi alergi.

Walaupun memakan waktu berhari-hari untuk memperlihatkan gejalanya, tentu saja jika Anda sudah merasakan gatal saat pemakaian, segera ganti deodoran Anda.

7. Losion calamine

Selain menerapkan cara-cara di atas dan mengetahui penyebab ruam merah pada ketiak, Anda bisa menggunakan losion calamine untuk mengatasi bintik merah.

Cukup menuangkan lotion ini di ketiak Anda, rasa gatal dan ruam merah pun perlahan menghilang.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait