facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jelang Galungan, Warga Diminta Disiplin Protokol Kesehatan

Husna Rahmayunita Senin, 14 September 2020 | 16:22 WIB

Jelang Galungan, Warga Diminta Disiplin Protokol Kesehatan
Sejumlah umat Hindu membawa sesajen saat persembahyangan Hari Raya Galungan di Ubud, Bali, Rabu (17/12).

Pelaksanaan upakara juga diharapkan dapat dikemas sederhana.

SuaraBali.id - Warga Bali diimbau tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan jelang perayaan Hari Raya Galungan (Rabu, 16/9/2020) dan Kuningan (Sabtu, 26/9/2020) mendatang.

Mengingat hari suci kali ini dirayakan berbeda dari sebelumnya karena adanya pandemi Covid-19 yang belum juga mereda.

Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra mengatakan momentum ini hendaknya dimanfaatkan masyarakat khususnya umat Hindu untuk senantiasa meningkatkan srada bhakti kehadapan Ida Shang Hyang Widi Wasa.

"Kita sadari bersama, saat ini seluruh umat manusia sedang menghadapi tantangan yang sangat luar biasa, tentang keselamatan, keberuntungan dan kesadaran. Semoga di hari suci Galungan dan Kuningan, Dharma senantiasa menuntun umat manusia terbebas dari tantangan hidupnya," ungkapnya, Senin (14/9/2020) seperti dikutip dari Beritabali.com.

Baca Juga: Bikin Sedih! Kena Razia Masker, Emak-emak di Probolinggo Nangis Histeris

Ia juga mengatakan kemenangan dharma melawan adharma pada masa kini haruslah diterjemahkan sebagai upaya dan tekad untuk terus berkarya meningkatkan kualitas kehidupan yang seimbang antara material dan spiritual sehingga mampu mencapai kebahagiaan dengan selalu berpijak kepada ajaran dharma (agama Hindu) seperti dharma, artha, kama, dan moksah.

Rai Marta mengajak masyarakat untuk selalu mulat sarira, mempererat tali persaudaraan dan tali silaturahmi antar masyarakat.

Mulat sarira menjadi pesan dalam catatan perjalanan kebelakang mengevaluasi langkah kita dalam mengamalkan ajaran dharma baik dharmaning agama maupun dharmaning negara.

Merencanakan kehidupan dalam memberikan manfaat di masa depan yang lebih baik, sejahtera dan damai.

Tak cukup sampai di situ, pihaknya juga mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Masih Zona Oranye, Pemkab Bogor Enggan Ikuti Anies Terapkan PSBB Ketat

"Jadikanlah spirit Hari Suci Galungan dan Kuningan ini menjadi ajang mulat sarira dalam menyikapi tantangan saat ini, dan jadi momentum untuk ngrastiti bhakti, semoga alam semesta kembali pulih dan normal serta Covid-19 segera berlalu,” kata Rai Mantra.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait