facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sirkuit Mandalika Dibuka Untuk Umum, Tiket Masuk Rp200 Ribu Sampai Rp300 Ribu Per Orang

Muhammad Yunus Minggu, 03 Juli 2022 | 15:08 WIB

Sirkuit Mandalika Dibuka Untuk Umum, Tiket Masuk Rp200 Ribu Sampai Rp300 Ribu Per Orang
Pengunjung saat berfoto di luar Sirkuit Mandalika, Minggu (3/7/2022) [Suara.com/Toni Hermawan]

Program Mandalika Track Walk

SuaraBali.id - Mulai tanggal 1 Juli 2022, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). BUMN Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK Mandalika) atau The Mandalika, bersama Mandalika Grand Prix of Association (MGPA) dan Xplorin sebagai bagian dari ITDC Group. Akan mengaktifkan program Mandalika Track Walk.

Mandalika Track Walk merupakan produk dari umbrella brand Mandalika Xperience. Bertujuan memberikan layanan bagi masyarakat luas. Untuk berkunjung dan berolahraga seperti berjalan kaki, berlari, dan bersepeda di Pertamina Mandalika Circuit atau Sirkuit Mandalika.

Aktitas ini akan dibuka setiap hari Senin-Minggu mulai pukul 06.30 – 09.00 WITA. Khusus pada hari Sabtu dan Minggu, akan ada penambahan waktu di sore hari yaitu pada pukul 16.30 – 18.00 WITA.

Untuk memaksimalkan kenyamanan saat mengikuti Mandalika Track Walk, sesi kunjungan dibatasi sebanyak maksimal 100 orang per satu sesi kunjungan. Pengunjung harus mengeluarkan uang untuk tarif tiket harian.

Baca Juga: Usung Tema Expanding Awarness, ARTJOG MMXII Tahun Ini Bakal Digelar Secara Offline

Senin-Jumat sebesar Rp 150.000 per orang untuk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Rp250.000 per orang untuk Warga Negara Asing (WNA). Sementara pada hari Sabtu dan Minggu sebesar Rp200.000 per orang untuk WNI dan Rp300.000 per orang untuk WNA.

Pengunjung dari Lombok Timur Andrian, mengaku tidak mempermasalahkan nominal yang dikeluarkan. Hal ini sebagai cara untuk membayar penasarannya. Untuk melihat kemegahan sirkuit Mandalika.

"Gak apa apa, bayar penasaran," aku Andrian, Minggu (3/7/2022).

Dirinya mengaku senang dapat mengunjungi sirkuit Mandalika bersama keluarga. Sebab pada event Moto GP tidak dapat menyaksikan secara langsung.

"Kemarin pas moto GP gak bisa nonton," katanya.

Baca Juga: Asyik! Masyarakat Bisa Nikmati Sirkuit Mandalika Mulai Bulan Depan, Segini Tarifnya

Pengunjung lainnya, Aprilia merasa wajar jika membayar hingga ratusan ribu. Sebab dinilai sirkuit kelas dunia dengan fasilitas yang mewah terlebih banyak view untuk berswafoto.

"Wajar bayar segitu sirkuit kelas internasional," ujarnya.

Sebelulmnya Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC Arie Prasetyo mengatakan masyarakat dapat mendaftar dan melakukan pembayaran tiket secara online melalui aplikasi Xplorin yang dapat diunduh pada Playstore maupun Apple Store.

“Sistem pendaftaran dan pembayaran kami buka secara online agar rapi administrasi dan lebih transparan. Kami tidak menyediakan penjualan tiket secara offline atau pembelian tiket on-the-spot. Sehingga bagi yang berminat untuk masuk ke dalam Sirkuit dan melangsungkan kegiatan ini agar dapat mengikuti prosedur Mandalika Track Walk yang kami tetapkan,” katanya.

Saat melakukan pendaftaran, pendaftar akan diminta untuk mengisi nomor kartu identitas dan email padadashboard aplikasi. Selain pendaftaran diri, jika pengunjung membawa kendaraan pribadi juga diwajibkan untuk mendaftarkan parkir kendaraannya terlebih dahulu pada aplikasi tersebut.

Kunjungan kemudian dapat dilangsungkan dengan menunjukkan identitas saat memasuki gerbang. Para pengunjung juga wajib menaati peraturan yang diterapkan oleh ITDC Group.

Tidak menggunakan sandal, tidak menggunakan roda berbahan selain karet, pengunjung yang membawa anak-anak dibawah 12 tahun didampingi keluarganya. Ibu hamil diperkenankan ikut dengan pendamping, dan tidak membuang sampah dalam sirkuit.

Pengunjung juga tidak melakukan aktivitas yang berpotensi merusak aspal Sirkuit seperti menumpahkan pelumas, cairan berminyak, atau bahan lain yang bisa merusak.

"Pengunjung yang membawa roda dua berbahan karet seperti sepeda dan segway akan dikenakan tarif tambahan," pungkasnya.

Kontributor: Toni Hermawan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait